Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 28 Agu 2019 12:57 WIB

Melihat Kapal di Jalur Konektivitas Laut yang Genjot Ekonomi Kupang

Syanti Mustika - detikFinance
Foto: Kondisi Pelabuhan Kapal Penyeberangan di Kupang (Syanti Mustika/detikFinance) Foto: Kondisi Pelabuhan Kapal Penyeberangan di Kupang (Syanti Mustika/detikFinance)
Jakarta - Kapal penyeberangan menjadi sarana penting bagi warga Kupang, rote dan sekitarnya. Transportasi kapal digunakan tak hanya untuk menyeberangkan orang, namun juga membawa barang.

detikcom bersama Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan datang ke Kupang dan melihat langsung peran kapal penyeberangan. Kami pun berkunjung ke Pelabuhan Penyeberangan Bolok, Kupang, Rabu (28/8/2019).

Terlihat beberapa truk-truk yang membawa bahan bangunan berjajar di dalam kapal. Puluhan motor pun terparkir rapi di lantai dasar kapal. Ada juga beberapa mobil pribadi di dalam kapal.


Ada juga beberapa penumpang yang membawa sayur-sayuran di dalam karung dan kardus. Penjual minuman dan rokok juga bolak-balik menjajakan jualannya

Naik ke lantai 2 terlihat bangku-bangku penumpang. Para penumpang juga memenuhi bangku dan ada juga yang berdiri di pojok kapal.

Melihat Pelabuhan Tol Laut yang Gerakkan Ekonomi KupangFoto: Kondisi Pelabuah Tol Laut di Kupang (Syanti Mustika/detikFinance)

Tol laut sebagai sarana penghubung antar pulau sangat terasa manfaatnya bagi penumpang. Janiah, seorang ibu muda yang menyeberang dengan anaknya merasa nyaman dengan kapal.

"Saya nyaman dan sangat terbantu bisa menyeberang ke Rote dengan kapal. Saya beli tiket yang ekonomi dan kebetulan kapal juga ada yang kosong. Nanti untuk anak saya tambah ongkos Rp 10 ribu lagi," ungkapnya.


Lain cerita dengan Jefrianus. Dia yang bekerja di Kupang selalu setiap bulan pulang dan menyeberang ke Rote dengan kapal.

"Saya bekerja di Kupang. Bersama kawan-kawan setiap bulannya pulang dengan kapal ke Rote," ungkapnya.

Adapun kapal yang digunakan untuk menyeberang yaitu kapal KMP Ranaka yang mampu menampung sekitar 170 penumpang. Kapal berangkat setiap hari pulang balik Kupang- Rote.

Hermin Welkis, Manager Usaha PT ASDP Ferry Indonesia di Kupang menjelaskan bahwa setiap tahun pelayanan dan kapal semakin meningkat. Dan untuk pembelian tiket mereka masih melayani di loket.

"Dari tahun 1989, kapal yang beroperasi untuk Kupang-Rote ini GT-nya kurang lebih sekitar 300 dan tentu hanya bisa mengangkut sedikit penumpang. Sekarang kami bisa beroperasi GT-nya itu 1600 dan mampu mengangkut banyak penumpang. Jadi pelayanan dari tahun ke tahun semakin baik,"

Melihat Pelabuhan Tol Laut yang Gerakkan Ekonomi KupangFoto: Kondisi Pelabuah Tol Laut di Kupang (Syanti Mustika/detikFinance)

" Untuk harga tiket penumpang kelas bisnis itu Rp 63 ribu, sedangkan harga ekonomi Rp 59 ribu. Tiket masih kita layani dengan pembelian di loket," tutupnya.

Simak Video "Jokowi Sebut Ada Pihak Swasta Nakal Main-main di Tol Laut"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com