ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Sep 2019 22:45 WIB

Jokowi Kesal 33 Perusahaan Tak Lirik RI, Ini Jawaban Menperin

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Noval-detikcom) Foto: Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto (Noval-detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan kekesalannya saat rapat terbatas bidang ekonomi di Istana Presiden, Jakarta, Rabu (4/9/2019). Pasalnya, menurut data Bank Dunia yang diterima Jokowi, ada 33 perusahaan keluar dari China, tapi tak satu pun masuk ke Indonesia.

Menanggapi itu, Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, saat ini pemerintah mengejar investasi dari Taiwan.

"Iya, itu kan yang kita sedang mau dorong, yang juga investor dari Taiwan, jadi sekarang investor Taiwan ada dua projek satu petrokimia, kedua elektronik. Kemarin sudah rapat di Taiwan, saat sekarang sedang survei lokasi," katanya di Kantor Bank Indonesia (BI) Jakarta, Rabu (4/9/2019).


Disinggung penyebab perusahaan-perusahaan itu enggan masuk Indonesia, Airlangga tidak menerangkan dengan jelas. Ia menuturkan berikutnya akan kembali dikejar.

"Mereka pilihannya memang di situ (selain Indonesia), tapi berikutnya kita kejar," ujarnya.

Saat disinggung soal izin, Airlangga menepis hal itu jadi penyebab perusahaan yang angkat kaki dari China enggan masuk ke Indonesia, tapi dia tak menjelaskan secara rinci.

"Bukan, ada hal lain," ujarnya.


Untuk diketahui, Presiden Jokowi kesal karena banyak perusahaan yang pindah dari China tak lari ke Indonesia. Bahkan, dari 33 perusahaan yang keluar dari China tak ada satu pun yang singgah ke Indonesia.

Dari 33 perusahaan itu, Jokowi menekankan bahwa 23 memilih pindah ke Vietnam, dan 10 sisanya pindah ke beberapa negara mulai dari Malaysia Thailand, dan Kamboja. Bahkan Jokowi sampai mengulangi data itu untuk memberi penekanan.

"Catatan yang kemarin disampaikan Bank Dunia kepada kita, dua bulan yang lalu, ada 33 perusahaan di Tiongkok keluar (di relokasi ke negara lain). Dari 33 tadi, sekali lagi, 33 perusahaan di Tiongkok yang keluar, kita ulang, 23 ke Vietnam, 10 ke Kamboja, Thailand, dan Malaysia, tidak ada yang ke Indonesia," ujar Jokowi.

Jokowi Kesal 33 Perusahaan Tak Lirik RI, Ini Jawaban Menperin


Simak Video "Akhirnya! Tiga Menteri Bersatu Teken Regulasi Registrasi IMEI"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com