Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Sep 2019 12:05 WIB

Luhut soal Ekonomi RI: Jangan Ragu, yang Pesimis Itu Loser!

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan optimis ekonomi Indonesia bisa berada di 5 besar dunia pada 2045. Dia ingin agar tak ada yang pesimis terhadap target ekonomi tersebut.

"Jadi kita nggak perlu ragu bahwa Indonesia akan menjadi negara besar tahun 2045, jangan pernah ragu bahwa Indonesia negara besar. Orang-orang pesimis itu adalah orang-orang yang loser," kata Luhut di Djakarta Theatre, Kamis (12/9/2019).

Menurutnya, dengan performa Indonesia di tengah pelemahan ekonomi dunia, mulai dari nilai tukar rupiah dengan dolar Amerika Serikat (AS), pertumbuhan ekonomi, ekspor Indonesia, dan sebagainya Indonesia masih lebih baik dibandingkan negara lain dan bisa mencapai cita-cita besar tersebut.


"Kita lihat performa ini dengan data yang ada. Jadi kita tidak perlu pesimis yang berlebihan, kalau ada orang doktor ekonomi bilang Indonesia ekonominya jelek, mungkin doktornya tidak jelas itu," ujar Luhut.

Namun, Luhut menuturkan, Indonesia perlu meningkatkan nilai tambah terhadap ekspor komoditas. Caranya, yakni dengan meningkatkan hilirisasi agar tidak lagi bergantung pada harga komoditas atau natural resources yang harganya masih fluktuasi.

"Sekarang kita bergantung pada harga komoditas dan berpuluh-puluh tahun tidak kita lihat bahwa ada added value. Nah sekarang ini pemerintah selama 4-5 tahun terakhir ini selalu melihat added value untuk dikembangkan di Indonesia," papar dia.



Simak Video "Luhut Minta Jokowi Setop Impor Garam 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com