Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 13:10 WIB

BJ Habibie Dalam Kenangan JK: Kuasai Teknologi!

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla menekankan pentingnya penguasaan teknologi di era sekarang ini. Pesan itu lah yang dia ingat dari Almarhum BJ Habibie. Presiden ke-3 RI itu selalu mengingatkan pentingnya penguasaan teknologi.

"Oleh karenanya, rasa berkabung kita atas berpulangnya ke Rahmatullah Pak Habibie, itu juga memberikan suatu pesan yang kuat dan selalu dikemukakan Pak Habibie, penguasaan teknologi," kata dia di JCC, Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Penguasaan teknologi juga diperlukan untuk menyesuaikan perkembangan ekonomi, di mana saat ini telah terjadi revolusi digital. Menurutnya perkembangan yang terjadi di dunia itu tak bisa lagi ditunda.

"Karena dunia tidak bisa lagi kita menunda, ekonomi yang berjalan seperti biasa (berubah) menjadi revolusi digital," jelasnya.



Dia mencontohkan, perubahan yang terjadi di sektor transportasi karena teknologi, di mana bus kota berkembang dengan kehadiran Transjakarta. Muncul lagi MRT dan LRT. Demikian pula dengan transportasi konvensional yang mulai digantikan transportasi online.

"Artinya kemampuan kita ialah dapat diselesaikan apabila kita menguasai sistem dan teknologi dengan baik," tambahnya.

Menurutnya kemajuan teknologi ini tak bisa ditolak. Seperti yang terjadi pada sektor transportasi di mana muncul taksi online dan ojek online, yang awal kemunculannya ditentang oleh mereka yang bekerja di transportasi konvensional. Yang konvensional ini justru perlu berkolaborasi.

"Begitu ada kerja sama, terjadi kolaborasi yang baik, jadi teknologi jangan ditolak tapi diterapkan," tambahnya.



BJ Habibie Dalam Kenangan JK: Kuasai Teknologi!


Simak Video "JK Kenang BJ Habibie Sebagai Sosok yang Berdedikasi Untuk Negara"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com