Genjot Ekspor, Pengusaha Mau Masuk ke Ritel AS

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 13 Sep 2019 17:58 WIB
Foto: Pradita Utama
Jakarta - Para pengusaha tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) akan menggenjot ekspor ke Amerika Serikat (AS). Secara spesifik, pengusaha akan menggenjot produk untuk masuk ritel ke AS.

Demikian hasil rapat dengan topik ekspor terpadu di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman. Rapat ini dihadiri Ketua Apindo Haryadi Sukamdani.

"Intinya yang mau dikonsentrasikan untuk menjual atau mengekspor untuk retailer AS," kata Haryadi di Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman Jakarta, Jumat (13/9/2019).

Rapat ini dihadiri oleh perwakilan pengusaha AS. Dia mengatakan, rapat ini akan ditindaklanjuti dengan roadshow ke perusahaan-perusahaan AS.

"Akan diikuti baik sifatnya roadshow kita dengan mereka ketemu level senior executive perusahaan ritel tersebut. Dan sebaliknya mereka ke Indonesia untuk melihat langsung fasilitas yang kita punya," ujarnya.



Selain itu, kedua belah pihak akan membentuk sebuah komite bersama untuk menjembatani perdagangan.

"Istilahnya adalah suatu komite bersama untuk menjembatani semua opportunity dan komunikasi antara kita produsen dan mereka sebagai retailer," tambahnya.

Dia menuturkan, ada sejumlah produk dari Indonesia yang bisa digenjot untuk masuk ritel AS. Sebutnya, sepatu, furnitur, makanan dan minuman (mamin).

Namun, dia belum bisa menyebut berapa target transaksi perdagangan ini. Lantaran belum diputuskan produk mana yang akan digenjot masuk AS.

"Kita belum definisikan berapa karena belum tahu komoditasnya," ujarnya.



Simak Video "Sandiaga Uno Sambangi Kediaman Mendag Malam-Malam, Ada Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)