Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 16 Sep 2019 11:58 WIB

Kemendag Bakal Tegaskan Impor Hewan Wajib Halal

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Australia Plus ABC Foto: Australia Plus ABC
Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) bakal merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 29 Tahun 2019 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Hewan dan Produk Hewan. Hal itu lantaran terjadi salah penafsiran di publik yang mengira produk impor itu tak wajib memenuhi persyaratan halal.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Indrasari Wisnu Wardhana menjelaskan, nantinya ada satu pasal atau butir yang menegaskan bahwa hewan dan produk hewan yang masuk ke Indonesia wajib memenuhi syarat halal.

"Kemendag akan melakukan penegasan kembali supaya Permendag ini tidak salah tafsir dengan menambahkan terkait pemasukan barang itu wajib halal," kata dia di kantornya, Senin (16/9/2019).

"Akan ada perubahan Permendag itu, menegaskan itu (impor wajib memenuhi persyaratan halal)," sebutnya.


Dia menjelaskan, sebenarnya tak akan ada perbedaan mekanisme impor dengan ditambahkannya satu pasal atau butir baru tersebut. Tanpa itu pun hewan dan produk hewan yang diimpor ke Indonesia tetap wajib halal dalam peredarannya.

Hanya saja, persyaratan halal ini memang tak dinyatakan secara jelas di Permendag 29, tapi sebenarnya sudah ada persyaratan rekomendasi dari Peraturan Menteri Pertanian (Permentan). Permentan ini mewajibkan ketentuan halal.

"Kita akan tambahkan satu pasal. Tapi sebenarnya (kewajiban halal) sudah diatur di Permendag 29 melalui persyaratan rekomendasi dari Kementan," tambahnya.

Terkait perubahan aturan itu, dia tidak menjelaskan secara tegas kapan akan selesai. Dia hanya memastikan perubahan akan diselesaikan segera.

Simak Video "Ajarkan Budaya Menabung Sejak Dini, BRI Buka BRILink di Sekolah"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com