Cuma US$ 5 Miliar, Ekspor Ikan RI Kalah Jauh dari Vietnam

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 16 Sep 2019 12:10 WIB
Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda/Foto: Achmad Dwi Afriyadi
Jakarta - Vietnam tak habis-habisnya menarik perhatian. Setelah mengalahkan Indonesia dalam hal menarik investasi, rupanya Vietnam mengalahkan Indonesia dari sisi ekspor perikanan.

Direktur Utama Perum Perindo Risyanto Suanda menerangkan, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) memproyeksikan ekspor perikanan pada 2020 sebesar US$ 5,9 miliar.

"Ternyata Vietnam luar biasa. Saya minggu lalu ikut RDP di DPR. KKP proyeksi tahun depan seluruh ekspor 2020 US$ 5,9 miliar, seluruh ekspor seafood kita," katanya dalam acara 'Ngopi BUMN' di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (16/9/2019).


Dia bilang, tahun lalu nilai ekspor Vietnam sudah mencapai US$ 8,9 miliar. Bahkan nilainya tahun ini bakal meningkat lagi

"Vietnam tahun lalu US$ 8,9 miliar, tahun ini mungkin US$ 10 miliar, tahun depan belasan," ujarnya.


Dia menuturkan, besarnya ekspor Vietnam karena negara ini menjadi pengekspor ulang. Vietnam mampu melakukan hal ini karena ditopang oleh fasilitas yang mumpuni.

"Ternyata Vietnam re-ekspor. Mereka beli semua dari kawasan, Indonesia, Thailand, Malaysia, diproses di Vietnam di-reekspor ke Amerika, ke Eropa. PR kita penetrasi kita ke end market di Amerika, Eropa masih kurang, karena apa handling processing kita masih jadi PR," terangnya.

Simak Video "Mendengar Kembali Pernyataan Edhy Prabowo soal Ekspor Benur"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)