Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 17 Sep 2019 10:47 WIB

Mantan TKW Jual Sayuran Modal Rp 100 Ribu, Kini Beromzet Rp 30 Juta

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Rote Ndao - Siapa sangka usaha yang tadinya hanya berskala kecil kini bisa menghasilkan rupiah yang cukup fantastis. Juliana Adoeh (45) berhasil mewujudkan hal tersebut berkat kerja kerasnya. Hanya bermodalkan Rp 100 ribu, kini ia bisa menikmati omzet per bulan hingga Rp 30 juta.

Juliana mengatakan, awalnya ia hanya memiliki modal Rp 100 ribu, sisa dari penghasilannya sebagai tenaga kerja wanita di Malaysia. Modal tersebut ia gunakan untuk menjual sayuran.

"Saya punya uang dari merantau itu saya sudah bagi-bagi ke saudara, ke orang tua. Sisa Rp 100 ribu dari situ usaha jual sayuran," ungkapnya ditemui di Pasar Metina, Lobalain, Rote Ndao, beberapa waktu lalu.


Pendapatan yang dia miliki dari berjualan sayuran ditabung hingga mencapai Rp 10 juta. Uang tersebut ia gunakan untuk beralih usaha menjadi toko sembako dan bahan-bahan bumbu masakan. Ia pun mengajukan kredit ke bank untuk memperbesar usahanya.

"Ini dulu saya Rp 100 ribu itu saya usaha saya kumpul-kumpul Rp 10 juta. Terus saya pinjam Rp 10 juta. Nah di situ saya ambil barang di Kupang. Di situ saya jual bumbu-bumbu. Nah laku, saya belanja yang lain, kelontong ini," ujarnya.

Dari usaha toko kelontong dan bumbu-bumbu masakan itu, Juliana bisa mengantongi omzet Rp 1 juta per hari. Jika sebulan, penghasilannya bisa mencapai Rp 30 juta.

"Penghasilan per bulan pemasukan itu kalau lancar Rp 1 juta lebih. Dalam satu bulan Rp 30 juta," katanya.

Juliana membuka tokonya dari pukul 06.00 pagi hingga 10.00 malam. Kesuksesannya tersebut dibantu oleh Bank BRI lewat program Kredit Usaha Rakyat atau KUR.


Diakui Juliana, KUR BRI dapat membantu usaha para pengusaha berskala mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sepertinya. Berkat bantuan modal, ia bisa mengembangkan usaha.

"Untuk usaha karena saya usahanya kurang modal, jadi saya pinjam BRI. Jadi BRI juga membantu saya, sehingga saya bisa lanjutkan usaha," pungkasnya.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Sopi, Minuman Keras dengan Kearifan Lokal Rote"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com