Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 18 Sep 2019 14:17 WIB

Peternak, Ini Janji Mentan Agar Harga Ayam Nggak Anjlok Lagi

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Trio Hamdani Foto: Trio Hamdani
Jakarta - Harga ayam sempat merosot hingga memicu protes para peternak. Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution pun menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman hingga Dirut Perum Bulog, Budi Waseso, membahas upaya mengawal harga ayam biar nggak anjlok lagi.

Usai rapat, Mentan, menjelaskan pemerintah mengimbau kepada para produsen besar tak menyasar pasar becek, tapi supermarket. Sementara, pasar-pasar becek untuk peternak menengah kecil.

"Kami mengimbau kepada perusahaan besar jangan jual langsung ke pasar becek, supaya peternak kecil bisa bangkit dan dapat harga yang bisa menguntungkan," ujar Amran di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (18/9/2019).


"Kami akan ada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) agar jangan masuk ke pasar, jangan sampai over supply," sambung Mentan.

Selain itu, menurut Amran, untuk memfasilitasi peternak, pemerintah akan menyiapkan cold storage atau lemari pendingin untuk mempertahankan kondisi ayam biar tetap segar. Solusi lainnya ada menjaga pasokan ayam agar tidak terjadi kelebihan, misalnya melakukan afkir parent stock atau pemotongan ayam yang usianya di atas 68 minggu.

Selain itu menggelar bazar-bazar di kementerian lembaga yang melibatkan ritel modern. Ritel modern menjual ayam yang dipasok dari peternak-peternak menengah kecil.



Simak Video "Resep Nasi Bakar Ayam yang Bikin Nagih"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com