Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 22 Sep 2019 11:30 WIB

DKI Jakarta Gelar Formula E, Apa Dampaknya ke Ekonomi?

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
1 Hunian Hotel Naik
Halaman 2 dari 4
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy

Event ini diharapkan bisa turut mengerek perekonomian Jakarta. Ketua Umum DPD HIPPI DKI Jakarta Sarman Simanjorang menjelaskan terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah Formula E akan berdampak pada perekonomian.

Misalnya terjadi peningkatan hunian hotel, cafe, hiburan dan kunjungan ke pusat perbelanjaan. Selain itu, dari sisi usaha kecil menengah (UKM) justru ini menjadi peluang yang besar.

Bahkan, suvenir diprediksi akan menjadi bisnis yang moncer. Karena wisatawan yang menjadi penonton biasanya akan banyak membeli.

"Pengrajin bisa jadi peluang membuat souvenir atau merchandise untuk oleh-oleh penonton luar negeri atau penonton lokal," kata Sarman kepada detikcom, Sabtu (21/9/2019).

Dia mengaku optimis Formula E ini akan membawa ribuan penonton baik lokal maupun luar negeri untuk masuk dan mengeluarkan uang di Jakarta.

"Kita berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan UKM kita dan Dinas UKM dapat melakukan pembinaan dalam rangka menyambut event besar ini," jelas dia.

Menurut Sarman, Jakarta sebagai kota jasa sangat membutuhkan kegiatan yang bersifat internasional seperti halnya Asian Games 2018 karena dampak ekonominya cepat dirasakan. Dengan event-event internasional di Jakarta disebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.


(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com