Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 19:00 WIB

Mau Surfing di Simeulue? Bayarnya Sudah Bisa Pake Debit Lho!

Uji Sukma Medianti - detikFinance
Foto: Johanes Randy Foto: Johanes Randy
Simeulue - Jika punya kesempatan untuk mengunjungi Pulau Simeulue, jangan lupa untuk datang ke Pantai Matanurung. Ombaknya yang tinggi menjulang sampai lima meter adalah surga buat para peselancar.

Meski masih terbilang belum ramai pelancong, namun pantai ini sudah tersohor di kalangan wisatawan mancanegara. Simeulue punya jarak sekitar 105 mil laut dari Meulaboh, Aceh.

Tidak perlu khawatir bila ingin mengunjungi Pantai Matanurung, karena sudah banyak resort yang dibangun di sini. Salah satunya Ranu Surf Camp. Berada tidak jauh dari pintu masuk Pantai Matanurung, kamu bisa mencapai Ranu dengan jarak tempuh kurang lebih 45 menit dari Kota Sinabang, yang merupakan pintu masuk ke pulau Simeulue dari Bandara Lasikin.



Ranu Surf Camp dimiliki oleh putra asli daerah Simeulue bernama Ranu Amilus. Kalau menginap di sini, pengunjung tak perlu pusing kalau lupa membawa uang tunai.

Pasalnya, Ranu Surf Camp menyediakan alat pembayaran debit yakni mesin Electronic Data Capture (EDC) dari Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Saat ditemui tim detikcom beberapa waktu lalu, Ranu mengaku meski berada di Pulau yang kecil namun ia harus tetap mengikuti kebutuhan pelanggan. Untuk itu lah dia menggunakan mesin EDC BRI sebagai alat pembayaran.

"Saya pakai (mesin EDC BRI) sejak tahun 2015," ungkapnya.

Kebetulan, saat ini di Kabupaten Simeulue hanya BRI yang cukup mumpuni untuk dipasangkan mesin EDC. Diakui Ranu, dengan menggunakan EDC konsumen resortnya jadi senang karena lebih mudah.



"Alhamdulillah tamu nya senang dan ada banyak kemudahan," tuturnya.

Sebagai informasi, Ranu adalah salah satu warga asli Simeulue yang mempopulerkan surfing di daerahnya sejak 2010 lalu. Saat awal-awal membangun resort, Ranu membeli lahan dan membangun beberapa penginapan bergaya Cottage dari bahan alami.

Ombak di Pulau SimeulueOmbak di Pulau Simeulue Foto: Rifkianto Nugroho


Tak sampai situ, Ranu juga melebarkan usaha dengan meminjam uang dari Bank BRI untuk membangun Resto.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas mengenai perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Sandi "Baik-baik dengan Rakyat" untuk Tanamkan Cinta Tanah Air di Sinabang"
[Gambas:Video 20detik]
(ujm/ujm)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com