Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 25 Sep 2019 21:33 WIB

Pengangguran Dilatih 3 Bulan, Bisa Langsung Kerja?

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi pengangguran/Foto: Fuad Hasim Ilustrasi pengangguran/Foto: Fuad Hasim
Jakarta - Masyarakat tanah air yang belum memiliki pekerjaan nantinya akan mendapat pelatihan untuk meningkatkan keterampilan yang sesuai kebutuhan industri. Semua itu didapat melalui program Kartu Pra Kerja yang rencananya akan diimplementasikan awal 2020.

Lewat program Kartu Pra Kerja, masyarakat yang sebagai peserta nantinya akan mendapat pelatihan maksimal selama tiga bulan dan mendapat insentif sekitar Rp 300-Rp 500 ribu per bulannya. Namun, dengan program pelatihan tersebut apakah masyarakat bisa langsung mendapat pekerjaan?

Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan selama ini lapangan kerja sangat banyak namun karena keterampilan yang kurang mumpuni menjadi salah satu penyebab rendahnya penyerapan pasar kerja.

"Kalau lapangan kerja selama ini di luar banyak, cuma pertanyaannya orang nggak punya skill atau skillnya nggak nyambung," kata Hanif di kompleks Istana Kepredisenan, Jakarta, Rabu (25/9/2019).


Justru dengan program Kartu Pra Kerja, Hanif mengungkapkan bahwa Pemerintah akan membuat keterampilan masyarakat khususnya yang belum bekerja sesuai dengan kebutuhan industri.

"Kartu Pra Kerja itu orientasi dasarnya pada demand driven, sehingga yang pegang Kartu Pra Kerja diarahkan kepada skill-skill tertentu yang memang dibutuhkan oleh pasar kerja," jelas dia.

Dengan demikian, ketika masyarakat yang menjadi peserta program Kartu Pra Kerja lebih mudah mendapatkan kerja. Karena keterampilannya sesuai dengan kebutuhan pasar kerja. Bahkan, peserta pun bisa menjadi wirausaha dengan keterampilan yang didapatkan selama pelatihan.

"Sehingga nalarnya kalau kamu mendapat fasilitas itu nanti kamu punya skill dan skill itu sudah nyambung dengan dunia kerja, maka itu kita lakukan pemetaan di masing-masing sektor dan jabatannya apa saja," kata dia.

Lebih lanjut Hanif mengungkapkan, program Kartu Pra Kerja ini ditujukan kepada masyarakat yang usianya sudah mencapai 18 tahun ke atas dan tidak dalam masa menjalani pendidikan formal.



Simak Video "Di Aturan Baru, Posisi untuk Pekerja Asing Makin Banyak"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com