Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 28 Sep 2019 20:30 WIB

Mau Investasi Dolar AS? Perhatikan Dulu Hal Ini

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah Foto: Dolar AS/ Selfie Miftahul Jannah
Jakarta - Valuta asing seperti dolar Amerika Serikat (AS) bisa menjadi satu instrumen investasi yang menarik. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai investasi di instrumen tersebut.

Perencana keuangan Financial Consulting Eko Endarto menyarankan agar investasi pada valuta asing dilakukan oleh orang yang betul-betul memiliki kebutuhan jangka pendek. Khususnya untuk kebutuhan dolar AS.

"Kalo dia harus impor, jalan-jalan ke luar negeri, bayar sekolah, boleh investasi dolar. Tapi kalau nggak ya mending yang lain aja," kata Eko kepada detikcom, Sabtu (28/9/2019).


Bukan cuma itu, Eko juga mengatakan ada beberapa tips lain yang perlu diketahui sebelum berinvestasi di valuta asing seperti dolar AS. Berikut tipsnya:

1. Sebelum memilih dolar AS sebagai investasi, pelajari terlebih dahulu bagaimana cara memperoleh keuntungan dari investasi tersebut. Pastikan beli di saat harga dolar AS sedang naik dan jual di saat harga dolar sedang turun.
2. Beli di tempat yang resmi dan terpercaya seperti di bank atau money changer.
3. Beli dolar AS secara bergantian setiap satu bulan. Dengan tujuan, agar saat menjual tidak terpatok pada satu harga.
4. Alangkah baiknya simpan dolar AS di bank agar secara fisik uang tidak terlipat atau bahkan sobek. Kondisi dolar AS yang rusak akan menurunkan nilainya.
5. Berinvestasi dolar AS idealnya hanya 12 bulan. Hal itu dikarenakan dolar AS yang terlalu lama kondisinya akan menguning dan dapat menurunkan harga.



Simak Video "Trauma Dirampok, Farah Quinn Ogah Simpan Berlian di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com