Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Sep 2019 13:28 WIB

Minta Aksi Demo Kondusif, Pengusaha: Agar Ekonomi Tetap Jalan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Deni Prasetyo Utomo
Jakarta - Pengusaha meminta agar aksi unjuk rasa yang masih akan dilakukan tidak berujung ricuh. Pasalnya, aksi ricuh dapat membuat kondisi sosial politik terganggu.

Wakil Ketua Umum Bidang Moneter, Fiskal, dan Kebijakan Publik Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Raden Pardede menyatakan kondisi sosial politik yang terganggu dapat mempengaruhi iklim berbisnis. Terlebih lagi iklim bisnis sudah suram dengan keadaan ekonomi global yang mulai melemah.

"Saran saya dalam keadaan ekonomi global yang seperti ini slow down cepat sekali, jangan malah dibebani dengan masalah sosial politik," kata Raden kepada detikcom, Senin (30/9/2019).

Dia juga meminta semua pihak untuk tetap kondusif. Raden pun mengingatkan jangan ada pihak yang justru memanfaatkan situasi untuk memperburuk kondisi sosial politik.


"Masyarakat di luar sana juga harus jaga situasi kondusif agar ekonomi tetap jalan. Jangan ada yang manfaatkan situasi untuk campur aduk masalah sosial politik," kata Raden.

Untuk pemerintah sendiri, Raden meminta agar cepat merespon tuntutan-tuntutan yang keluar dari massa aksi.

"Harus cepat direspon. Pilah-pilah dulu tuntutannya apa, kalau yang rasional ya lebih bagus cepat diterima," kata Raden.

Raden kembali mengingatkan kondisi global sudah sangat berat, banyak negara besar menuju resesi. Jangan sampai Indonesia ikut terjun ke jurang resesi cuma karena kondisi sosial politik yang tidak kondusif.

"Situasi di dunia ini sudah berat, negara besar kayak Jerman aja menuju resesi. Kita nggak usah sok hebat lah, jaga diri jangan ikut terperosok resesi, negara ini masih rawan (perekonomiannya)," kata Raden.

Bila ditarik selama seminggu ke belakang, aksi unjuk rasa memang mewarnai beberapa daerah di Jakarta. Kabarnya, hari ini pun akan ada lagi aksi unjuk rasa besar-besaran di beberapa daerah.




Minta Aksi Demo Kondusif, Pengusaha: Agar Ekonomi Tetap Jalan


Simak Video "Tips Jadi Pengusaha Sukses di Usia Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com