Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Sep 2019 22:15 WIB

Demi Majukan UMKM, Pegawai BRI di Miangas Terbang ke Yogyakarta

Faidah Umu Sofuroh - detikFinance
Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom Foto: Faidah Umu Sofuroh/detikcom
Kepulauan Talaud - Tak pernah terbayangkan dalam diri Meita Sul Halena Lantaa bahwa ia akan menjadi pegawai Bank BRI di kampung halamannya. Sebab, wanita 29 tahun ini merupakan lulusan Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Manado.

"Saya nggak pernah ngira akan kerja di BRI, dulu setelah lulus, saya sempat jadi guru honorer di SMP N Miangas sini, lalu iseng-iseng coba daftar BRI, ternyata diterima," ungkapnya kepada detikcom beberapa waktu lalu.

Setelah resmi menjadi pegawai Bank BRI, Mei, sapaan akrabnya, diminta untuk menjadi koordinator Rumah Kreatif BUMN (RKB) yang didukung oleh Bank BRI di Miangas. Ia pun terbang ke Pulau Jawa, tepatnya di Yogyakarta, untuk melakukan pelatihan.


Di sana, ia melihat bahwa industri kreatif yang digeluti para UMKM Yogyakarta sudah begitu maju. Produk-produknya sangat variatif, menarik dan laku di pasaran.

Setelah melihat industri kreatif di Yogyakarta, ia ingin mengembangkan para pelaku UMKM di Kabupaten Talaud, khususnya di Pulau Miangas agar bisa seperti para pelaku UMKM di Jawa. Tentu ini akan menjadi PR besar baginya.

Perjuangan Mei pun dimulai. Ia mengundang para warga datang ke Bank BRI untuk mendengarkan penjelasan mengenai RKB Bank BRI. Namun, yang terjadi hanya penolakan dari sana sini.

"Alasannya macam-macam, ada yang tidak ada yang jaga warung, ada yang ke kebun," ujarnya.


Simak video "Rumah Kreatif BUMN Bantu UMKM di Miangas Melek Digital"Namun Mei tak menyerah begitu saja, saat awal-awal RKB Bank BRI hadir di Miangas, ia rajin mendatangi masyarakat yang menjadi pedagang di Miangas, lalu secara telaten menjelaskan perihal RKB yang dinaungi oleh Bank BRI.

"Dulu awal-awal sempat door to door ke orang-orang yang buka warung itu, dijelaskan satu-satu, karena mereka nggak mau datang kan, ada kegiatan yang lain, jadi harus saya yang keliling," terangnya.


Berkat kerja kerasnya, kini sudah ada 447 UMKM di Kepulauan Talaud yang terdaftar di RKB Bank BRI, meskipun hanya belasan saja yang berasal dari Pulau Miangas. Kini, PR lain yang harus ia kerjakan yaitu membuat UMKM di Miangas lebih berkembang.

Salah satu caranya adalah dengan menjelaskan tentang program kredit usaha rakyat (KUR). KUR ini, imbuhnya, bisa digunakan masyarakat yang memiliki usaha untuk mengembangkan usahanya.

"Karena mantri baru ke sini setelah ada 10 orang yang mau ikut KUR jadi dari sini to yang harus jelaskan dulu tentang KUR ke pedagang-pedagang sini, baru setelah itu mereka ajukan ke Melonguane," jelasnya.

detikcom bersama Bank BRI mengadakan program Tapal Batas yang mengulas perkembangan infrastruktur, ekonomi, hingga wisata di beberapa wilayah terdepan. Untuk mengetahui informasi dari program ini, ikuti terus berita tentang Tapal Batas di tapalbatas.detik.com!

Simak Video "Sandi "Baik-baik dengan Rakyat" untuk Tanamkan Cinta Tanah Air di Sinabang"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com