Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 30 Sep 2019 22:20 WIB

Anak Perusahaan HK Kembangkan Sistem Perusahaan Berbasis Digital

Angga Laraspati - detikFinance
Foto: Hutama Karya
Jakarta - Salah satu anak perusahaan PT Hutama Karya (Persero) (HK), PT Hakaaston telah melakukan implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis Systems, Application and Products (SAP). Anak usaha HK yang memproduksi aspal beton ini, kini mulai bertransformasi menuju era industri digital.

Direktur Utama Hutama Karya, Bintang Perbowo mengungkapkan, perubahan dan pembenahan akan terus dilakukan Hutama Karya, baik di kantor pusat maupun anak perusahaan. Salah satunya dengan penerapan sistem ERP ini, yang diharapkan akan memberi efek perubahan yang lebih baik pada bisnis perusahaan.

"Jangan takut untuk melakukan perubahan, apa yang telah dilakukan oleh Hutama Karya saat ini adalah suatu bentuk perubahan menjadi lebih baik," tutur Bintang dalam keterangan tertulis, Senin (30/9/2019).


Hal itu disampaikannya dalam acara Kick Off Implementasi ERP yang digelar di ruang Komunal HK Tower, Jakarta sabtu (28/9/2019).

Dalam kesempatan itu, Manajer Senior bagian Sistem Hutama Karya, Rozi Rinjayadi memaparkan terkait Integrated Entreprise System Hutama Karya serta simulasi penggunaan sistem SAP mengenai kelima modul yang diterapkan di Hakaaston. Di antaranya adalah modul Production Planning, Sales Distribution, Material Management, Finance Accounting, Controlling, Human Capital Management dan Project System.

"Perusahaan sekelas Hakaaston sudah saatnya memiliki suatu sistem digitalisasi tersentral yang dapat mengintegrasikan seluruh bisnis proses yang tersebar di Indonesia," ujar Direktur Utama Hakaaston, Dindin Solakkhudin.

Dalam acara tersebut, dilakukan pula Lauching Project SAP Hakaaston yang diberi nama BRAIN, yang merupakan singkatan dari Brave to Face Industrial Revolution with Integrated System.


Dengan diresmikannya BRAIN, lanjut Dindin, Hakaaston siap melakukan perubahan manajemen produksi yang terintegrasi dengan seluruh unit produksi Hakaaston yang tersebar di seluruh Indonesia. Pada agenda selanjutnya, Hakaaston diharapkan siap untuk Go Live pada awal tahun 2020 mendatang.

Acara kick off ini dihadiri pula oleh Direktur Human Capital & Pengembangan Hutama Karya, Putut Ariwibowo, para kepala divisi Hutama Karya, serta jajaran direksi dan komisaris PT Hakaaston. Peserta yang hadir merupakan Tim Project ERP Hakaaston baik yang berada di kantor pusat maupun dari 22 Unit Produksi Hakaaston mulai dari Medan hingga Ambon. (akn/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com