Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 01 Okt 2019 16:11 WIB

Demi Rupiah, 'Starbucks Keliling' Terjang Gas Air Mata di Tengah Demo

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Danang Sugianto Foto: Danang Sugianto
Jakarta - 'Starbucks keliling' atau starling, mungkin itu istilah yang populer di ibu kota untuk menyebut pekerjaan mereka sebagai penjual minuman. Mereka naik sepeda, membawa sejumlah saset minuman kemasan, termos, dan membawa beberapa botol air putih.

Bagi beberapa orang, starling mungkin sebagai sesuatu hal yang biasa. Namun, saat aksi demo mahasiswa seperti saat ini mereka punya peran besar.

Mereka membantu mahasiswa yang kesulitan mencari minuman. Mereka ialah orang-orang yang kerap terlihat di dekat barisan depan mahasiswa.


Tak jarang, mereka juga kena dampak saat mahasiswa sedang bentrok dengan petugas. Mereka juga yang terkena gas air mata.

"Bahaya gas air matanya itu. Kena juga (saya), teman saya juga kena," kata Muksin salah seorang starling di antara kerumunan mahasiswa di Jalan Gerbang Pemuda Jakarta, Selasa (1/10/2019).

Namun begitu, pengorbanan itu dianggap setimpal dengan apa yang mereka dapat. Saat demo seperti sekarang ini, omzet mereka naik dua kalilipat.

Biasanya, ia memperoleh omzet sekitar Rp 400 ribu hingga Rp 500 ribu sehari. Kini, omzetnya naik sampai Rp 800 ribu hingga Rp 1 juta. Keuntungan bersihnya pun juga naik sebanyak dua kalilipat.

"Rp 300 ribu-Rp 400 bersihnya. Rp 150 ribu kalau biasa, sepi," ujarnya.


Muksin mengaku, biasa mangkal di kawasan Kampus Atma Jaya tak jauh dari DPR. Karena demo, ia kini lebih banyak beroperasi di sekitar DPR.

"Semanggi, Atma Jaya, tapi sering ke sini juga," ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Anto. Omzet dari jualan minuman melesat saat demo seperti ini. Meski, ia enggan menyebutkannya.

Ia mengaku sempat khawatir jika terjadi ricuh. Namun, momen seperti sekarang ini ialah waktunya untuk mengeruk untung.

Untuk menyiasatinya, ia memilih datang seawal mungkin dan menyingkir saat rusuh.

"Iya, kalau mau kelihatan bentrok baru nyingkir," ujarnya.

Demi Rupiah, 'Starbucks Keliling' Terjang Gas Air Mata di Tengah Demo


Simak Video "Kembali Berunjuk Rasa, Mahasiswa Tagih Janji Jokowi Keluarkan Perppu"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com