Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 12:33 WIB

Darmin Bahas Revitalisasi SMK dengan Mendikbud, Ini Hasilnya

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution kembali membahas perkembangan vokasi bersama sejumlah menteri. Kali ini, rapat kordinasi (rakor) yang dibahas soal revitalisasi SMK.

Rakor tersebut dihadiri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, dan beberapa pejabat dari kementerian lainnya yang diwakilkan. Apa hasilnya?

Muhadjir Effendy mengatakan SMK di seluruh Indonesia akan direvitalisasi. Rencananya, ada 5.000 SMK yang akan direvitalisasi dalam kurun waktu 2020-2025.

"Kita akan merevitalisasi SMK. Rencana tahun 2020-2025 target 5.000 SMK di seluruh Indonesia yang mau kita revitalisasi," kata Muhadjir setelah rapat di Kantor Darmin, Jakarta Pusat, Senin (7/10/2019).


Untuk tahap pertama, revitalisasi dilakukan ke 300 SMK. Tahap pertama itu langsung dilakukan tahun ini. "Tahun ini 300 SMK, tahun depan 550, tahun 2025 5.000," jelas Muhadjir.

Revitalisasi SMK akan diberlakukan untuk 5 sektor, yakni bidang pariwisata, pertanian produktif, ekonomi kreatif, kemaritiman dan energi pertambangan.

Sebagai informasi, revitalisasi ini dilakukan sesuai dasar Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia.



Simak Video "Harga Tiket Pesawat Harus Turun Paling Lambat 1 Juli"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com