Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 07 Okt 2019 18:35 WIB

5 Bisnis Online Minim Modal yang Cocok Buat Fresh Graduate

- detikFinance
Bisnis Online. Foto: Internet Bisnis Online. Foto: Internet
Jakarta - Bisnis online jadi salah satu yang saat ini paling mudah dijalankan. Hanya dengan modal minim, kamu bisa mendapatkan pendapatan lebih untuk membantu perekonomian keluarga.

Bisnis online adalah usaha yang dijalankan atau dipasarkan melalui dunia maya. Hampir seluruh kegiatannya dilakukan melalui jaringan internet. Tak selalu memperkenalkan produk baru, tetapi yang kita butuhkan adalah pasar digital.


Menjangkau pasar yang luas salah satu manfaat serta kemudahan berbisnis online. Selain itu, dengan bisnis online juga dapat memangkas biaya sewa tempat dan memiliki potensi yang tidak terbatas.

Bagi kamu yang ingin memulai bisnis online tanpa modal, bisa mempelajari beberapa hal ini:

- Pelajari mindset berbisnis yang baik

- Tentukan produk yang ingin kita jual

- Tentukan target pasar yang dituju

- Membuat toko online atau website untuk berjualan

- Bergabung dengan komunitas bisnis untuk bertukar ilmu


Dengan menjalankan bisnis online, kamu juga dapat memanfaatkan fitur digital dan jasa kurir online. Berikut 5 peluang bisnis online 2019 yang bisa kamu coba, terutama anak-anak fresh graduate yang dirangkum oleh detikFinance:

1. Berjualan di Marketplace

Peluang bisnis online 2019 salah satunya adalah harus memanfaatkan marketplace. Situs jual beli online seperti Bukalapak, Tokopedia hingga Shopee bisa kamu manfaatkan. Caranya cukup membuat akun di marketplace tersebut kemudian memasang gambar produk yang ingin kamu jual lengkap dengan harga dan deskripsinya.

Sebagai contoh, ketika ada pembeli yang memilih barang di lapak kamu dan mentransfernya, kamu akan diberitahu dan bisa mengirimkan barang langsung ke alamat pembeli. Setelah barang berhasil dikirim dan diterima, kamu dapat menarik hasil penjualan dari barang kamu. Tentu ini tak perlu modal besar dan tak membutuhkan biaya sewa tempat.

2. Dropshipper

Bisnis online tanpa modal bisa kamu lakukan dengan cara menjadi dropshipper. Dropshipper bisa jadi solusi ketika kamu ingin mendapatkan penghasilan tapi tidak memiliki barang yang akan dijual.

Kamu bisa menjalankan bisnis dropship dengan media promosi berupa sosial media kamu seperti Instagram, Facebook atau website lain untuk menampilkan produk.

Caranya, kamu bisa melakukan promosi produk dari supplier dan kemudian jika pembeli tertarik dan membayar. Kamu bisa transfer ke supplier dan mengirimkan barangnya atas nama pembeli.

Menjadi dropshipper perlu kepekaan dalam memilih supplier. Pastikan kamu membaca review pembeli lain sebelum kamu menawarkan barang tersebut ke orang lain.

Bisnis online minim modal.Bisnis online minim modal. Foto: iStock


3. Membuka Jasa Web Development

Punya pengalaman di bidang pembuatan website? Jika ia kamu bisa nih menjual keahlian mu dengan cara membuka jasa web development. Beberapa situs seperti Projects.co.id atau Upwork bisa mempromosikan kamu.

Jika sudah mendapatkan klien, berusahalah untuk menyelesaikan pekerjaan dengan waktu yang tepat agar klien puas dan memberikan rating bagus pada kamu.

4. Membuka Jasa SEO

Berkembangnya dunia digital membuat kamu dituntut harus kreatif dan mengikuti perubahan zaman. Tahu SEO? Ini merupakan Search Engine Optimization untuk mendatangkan pengunjung ke website jualan kamu.

Karena tidak semua pemilik usaha mengerti SEO. Di sinilah kesempatan kamu untuk menjual keahlian yang kamu miliki di bidang SEO. Tawarkanlah jasa SEO yang menawarkan riset kata kunci kompetitor, strategy content marketing, audit website hingga Google Analytic.

5. Menjadi Blogger

Suka menulis? Menjadi blogger bisa mendatangkan peluang bisnis online yang menjanjikkan. Kalau kamu sering menulis dan informasinya banyak dicari oleh pembaca tentu kamu dapat mendapatkan keuntungan dari iklan.

Caranya, pasang kode iklan di blog. Setelah iklan tampil kemudian di klik pengunjung dan kamu akan mendapat komisi. Pastikan tampilan blog kamu menarik dan isi kontennya berkualitas ya.





Simak Video "BKPM Patok Harga Nikel Dalam Negeri US$ 30 Per Metrik Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com