Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 08 Okt 2019 11:31 WIB

Waduh! Jerman Sudah Resesi?

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: REUTERS/Piroschka van de Wouw Foto: REUTERS/Piroschka van de Wouw
Jakarta - Kondisi industri Jerman kian menurun dikarenakan lemahnya permintaan domestik. Penurunan tersebut lebih rendah dibanding prediksi pada bulan Agustus kemarin.

Melansir dari CNBC Indonesia Selasa (8/10/2019), Kementerian Ekonomi Jerman mengatakan bahwa barang 'Made in Germany' turun 0,6% dibandingkan bulan sebelumnya. Penurunan tersebut lebih besar dibanding prediksi dari survei ekonom yang dilakukan Reuters. Berdasarkan survei ekonom tersebut, jumlah permintaan Jerman diprediksi hanya turun 0,3%. Sedangkan pada kenyataannya permintaan domestik turun hingga 0,6%, 0,3% lebih besar dari prediksi.

Seperti diketahui, Jerman yang merupakan penguasa ekonomi Eropa sudah mulai bersiap dengan risiko terburuk yaitu resesi. Kemungkinan bagi ekonomi Jerman untuk jatuh ke dalam resesi hampir mencapai 60%, menurut indeks bulanan yang oleh Macroeconomic Policy Institute (IMK).


Indeks yang dihasilkan oleh badan riset ekonomi swasta itu menyebut risiko resesi Jerman telah naik menjadi 59,4%, dari 43% pada Agustus. Ini adalah proyeksi risiko resesi tertinggi bagi ekonomi terbesar Eropa itu sejak musim dingin 2012/2013.

Menanggapi hal tersebut, Ekonom VP Bank Group Thomas Gitzel mengatakan bahwa saat ini Jerman berada di tengah gelombang resesi. Oleh karenanya pemerintah Jerman telah diharapkan untuk memberikan stimulus ke dalam perekonomiannya.

"Ekonomi Jerman berada di tengah-tengah resesi. Data hari ini kembali membuatnya jelas. Pemerintah Jerman mungkin akan mendapat tekanan yang semakin besar untuk melepaskan kebijakan anggarannya yang ketat," kata Thomas Gitzel, Ekonom VP Bank Group, dikutip dari Reuters melalui CNBC Indonesia.



Berita ini sudah tayang di CNBC Indonesia dengan judul Jerman Sudah Resesi?

Simak Video "Monorail Gantung, Solusi Kemacetan dari Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com