Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 15:05 WIB

Bus Amfibi Bakal Wira-wiri di Ibu Kota Baru

Anis Indraini - detikFinance
Menhub Budi Karya cek lokasi ibu kota baru/Foto: Eduardo Simorangkir Menhub Budi Karya cek lokasi ibu kota baru/Foto: Eduardo Simorangkir
Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan pembangunan transportasi di ibu kota baru, Kalimantan Timur. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan transportasi massal di ibu kota baru akan dibuat senyaman mungkin.

Langkah ini dilakukan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi. Selain akan membangun Moda Raya Terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT), Light Rail Transit (LRT), Bus Rapid Transit (BRT), Autonomous Rail Transit (ART), rencananya pemerintah akan menyiapkan Bus Tanah Air (Amfibi).

Sesuai namanya, bus amfibi bisa beroperasi sebagai angkutan di darat dan air. Bus amfibi ini nantinya bisa beroperasi di teluk sepanjang 80 km dan lebar 5 km.


"Ini tidak terbayangkan, bisa menjadi suatu daya tarik luar biasa untuk ibu kota baru. Selain menghadirkan angkutan listrik, akan ada teluk sepanjang 80 km dengan lebar 5 km," tutur Budi saat ditemui di Redtop Hotel, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Selain bus Amfibi, pemerintah akan menyiapkan transportasi canggih lainnya yaitu kapal yang bisa mendarat di danau.

"Eksplorasi tentang jenis angkutan ini harus kaya. Bukan saja bus amfibi, tetapi juga mungkin kita bisa gunakan kapal yang bisa mendarat di danau karena danaunya indah sekali," tutupnya.



Simak Video "Menhub Janjikan Pelatihan Gratis untuk 1.000 Nelayan di Maluku"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com