Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 10 Okt 2019 22:00 WIB

Tanya Penerimaan ke PNS Pajak, Sri Mulyani: Mukanya Lesu Semua

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sri Mulyani di Acara Tokopedia (Trio Hamdani/detikFinance) Foto: Sri Mulyani di Acara Tokopedia (Trio Hamdani/detikFinance)
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bicara soal penerimaan pajak tahun ini. Dirinya baru saja melakukan kunjungan kerja ke Malang, Jawa Timur. Di sana dia menanyakan penerimaan pajak di kantor wilayah (kanwil) yang ada.

Saat menanyakan pajak yang sudah dikumpulkan oleh kanwil di sana, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mendapati wajah lesu anak buahnya yang jadi ujung tombak pengumpulan uang pajak.

"Tadi saja saya baru pulang dari Malang, kita bicara dengan seluruh kanwil saya di sana bagaimana penerimaan pajak, muka mereka lesu semua," katanya saat membuka diskusi publik bertajuk 'Dampak Tokopedia terhadap Perekonomian lndonesia' di Djakarta Theater, Kamis (10/10/2019).


Pada kesempatan sebelumnya, Dirjen Pajak Robert Pakpahan pernah mengatakan, penerimaan pajak tahun ini diperkirakan hanya mencapai Rp 1.437,53 triliun. Artinya ada kekurangan penerimaan pajak sebesar Rp 140 triliun. Dalam APBN 2019, penerimaan pajak ditargetkan mencapai Rp 1.577,55 triliun.

"Khusus Ditjen Pajak outlook-nya 91,1% dari target. Jadi shortfall sekitar Rp 140 triliun," kata Dirjen Pajak Robert Pakpahan di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7/2019).


Shortfall pajak itu jika dilihat masih lebih besar dari tahun sebelumnya. Pada 2018 shortfall pajak mencapai Rp 108,1 triliun.

Menurut Robert ada beberapa hal yang membuat terjadinya shortfall, seperti harga komoditas yang turun dan nilai tukar rupiah yang lebih menguat dibanding perkiraan APBN 2019.



Simak Video "Sri Mulyani: Cukai Rokok Dipakai untuk Tutupi Defisit BPJS Kesehatan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com