Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 11 Okt 2019 10:46 WIB

Luhut Sebut Pulau Komodo akan Dibuat Jadi 'Jurassic Park'

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Masaul/detikcom Foto: Masaul/detikcom
Jakarta - Pemerintah akan menata Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi seperti taman dinosaurus di film 'Jurassic Park'.

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan pemerintah tidak berencana menutup Pulau Komodo, menjawab kabar yang beredar di masyarakat.

"Itu kayak dinosaurus (Jurassic Park) di Komodo, mau dibikin research center. Kita mau atur supaya nggak semrawut. Jadi jangan khawatir enggak dapat kerjaan. Dengan adanya penataan begini, maka nanti penduduk setempat akan lebih sejahtera," kata Luhut kantor Kemenko Kemaritiman, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

"Jadi nggak ada rencana penutupan Komodo. Kita ingin menata Komodo menjadi tourist destination. Jadi, seperti di Afrika ada tempat safari," ujarnya.


Luhut menambahkan soal pulau kecil dekat Pulau Komodo, yakni Pulau Rinca, akan direnovasi dengan berbagai fasilitas mulai dari pusat riset hingga penginapan eksklusif.

"Pulau Rinca ada Komodo juga, Pulau Komodo ini akan dibikin eksklusif dengan research yang bagus, penginapan oke. Kalau mau ke situ, keluarin lah uang berapa banyak," ungkapnya.


Awal tahun lalu, Pemerintah Provinsi NTT berencana menutup lokasi wisata Taman Nasional Komodo dari kunjungan wisatawan selama satu tahun. Hal ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan populasi komodo, dan juga rusa yang menjadi makanan utama hewan purba tersebut.


Luhut Sebut Pulau Komodo akan Dibuat Jadi 'Jurassic Park'


Simak Video "Komentari Penusukan Wiranto, Luhut Pandjaitan: Jangan Dibesar-Besarkan"
[Gambas:Video 20detik]
(ang/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com