Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 15 Okt 2019 14:20 WIB

Sri Mulyani hingga Tahir Jadi Menteri Idaman Pelaku Pasar

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Foto: (Dok Biro Pers Setpres). Foto: (Dok Biro Pers Setpres).
Jakarta - Sri Mulyani Indrawati, Sandiaga Uno, Dato Sri Tahir dan Dwi Soetjipto disebut-disebut pelaku pasar modal sesuai untuk mengisi jajaran menteri di bidang ekonomi Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) Jilid II.

Dari nama-nama tersebut, nama Sri Mulyani lah yang paling sering diusungkan. Sri Mulyani dianggap sesuai untuk melanjutkan masa jabatannya sebagai menteri keuangan.

Dilansir CNBC Indonesia, Selasa (15/10/2019), Kepala Riset Samuel Sekuritas Suria Dharma yang menilai Sri Mulyani merupakan figur paling pas dan pantas untuk mengurusi keuangan negara.

"Saya lebih suka Bu SMI (Sri Mulyani Indrawati) tetap di Menkeu, ketimbang Menko (Menteri Koordinator Bidang Perekonomian)," kata Suria Dharma, saat dihubungi CNBC Indonesia, Selasa (15/10/2019), dikutip detikcom pada Selasa (15/10/2019).


Sedangkan untuk siapa yang pantas menduduki posisi Menteri Perindustrian, Menteri Perdagangan dan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Suriah Dharma belum bisa mengajukan nama. Namun Suria menyarankan untuk sebaiknya posisi tersebut diduduki oleh orang professional.

"Yang tiga lagi menantang ini. Apalagi Menperin (Menteri Perindustrian). Sebaiknya professional," kata Suria.

Tidak hanya Suria Dharma, Kepala Riset Divisi Ritel MNC Sekuritas Edwin Sebayang juga menyinggung nama yang sama.


"Menkeu kandidat pilihan Ibu Dr Sri Mulyani atau Dr Chatib Basri," kata Edwin.

Sementara Suria belum bisa menyebut nama yang dirasanya cocok, Edwin mengusung nama Sandiaga Uno cocok menjadi Menteri BUMN.

"Untuk Meneg BUMN harus diisi dari kalangan pengusaha yaitu Sandiaga Uno," kata Edwin.

"Untuk Menperin saya usul Dwi Soetjipto (mantan Dirut PT Semen Indonesia Tbk dan PT Pertamina yang kini Kepala SKK Migas) dan untuk Mendag sebaiknya dari kalangan pengusaha yang mempunyai pengalaman dan mempunyai jaringan luas di luar negeri seperti Dr. Dato Sri Tahir (Mayapada Group)," jelasnya lagi.



Artikel ini sebelumnya sudah tayang di CNBC Indonesia dengan judul: Sri Mulyani, Sandiaga Uno & Tahir Menteri Impian Pelaku Pasar

Sri Mulyani hingga Tahir Jadi Menteri Idaman Pelaku Pasar


Simak Video "Sejumlah Tokoh Merapat ke Istana, Ketua MPR Turut Memantau"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com