Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 13:00 WIB

KEIN Sarankan Jokowi Lebih Libatkan UMKM untuk Genjot Investasi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Bagus Prihantoro Nugroho Foto: Bagus Prihantoro Nugroho
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pagi ini menggelar pertemuan dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN), di Istana Negara. Dalam pertemuan tersebut, KEIN memberikan masukan buat Jokowi memimpin Indonesia di periode kedua, khususnya di bidang ekonomi.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir menitikberatkan kepada investasi yang memang menjadi salah satu keinginan Jokowi untuk digenjot. Terkait hal itu dia mengingatkan agar investasi ini bisa berjalan beriringan dengan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

"Ini harus bersinergi, harus kerja sama, harus saling menjadi bagian misalnya perusahaan Astra ini jangan dikuasai semua dari hulu ke hilirnya. Itu harus mengikutsertakan UMKM. Itu lah kira-kira tekad Pak Jokowi dan usulan KEIN seperti itu," kata dia usai bertemu Jokowi, Jumat (18/10/2019).

Oleh karenanya dia menyarankan agar ke depannya investasi harus saling melibatkan antar para pelakunya yaitu investor besar maupun investor kecil, menengah bahkan koperasi.


"Jadi jangan sampai investasi atau pertumbuhan ekonomi kita itu membuat gini rasio kita semakin melebar. Justru harus semakin kecil," lanjutnya.

Menurutnya masyarakat pun juga harus paham bahwa ketika pemerintah mengundang invetasi masuk bukan berarti tidak memerhatikan pelaku UMKM.

"Kita kan mengusulkan lima tahun ke depan iti seperti itu. Dia (Jokowi) banyak menanyakan itu misalnya kalau kita mengundang investasi itu seolah-olah kan UMKM dipinggirkan. Lah ini yang perlu masyarakat tahu bahwa mengundang investasi itu tidak sama dengan meminggirkan pengusaha UMKM ataupun koperasi," tambahnya.



Simak Video "Dapat Tugas Tambahan Urus Investasi, Luhut: Ya Terima Saja"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com