googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 14:32 WIB

Orang Terkaya RI yang Beli Klub Italia Tajir Melintir Berkat Rokok

Zulfi Suhendra - detikFinance
Foto: Dok. Forbes Foto: Dok. Forbes
Jakarta - Salah satu pengusaha RI, Robert Budi Hartono dikabarkan telah membeli saham klub sepakbola asal Italia, Como 1907. Rudi sudah 12 tahun menjadi orang terkaya Indonesia. Rudi kaya berkat sejumlah industri, salah satunya rokok.

Budi dan Michael Hartono adalah kakak beradik yang tak pernah tergantikan posisinya menjadi orang terkaya di Indonesia. Kekayaan keduanya mencapai Rp 461 triliun.

Robert Budi Hartono merupakan anak kedua dari pendiri perusahaan Djarum yaitu Oei Wie Gwan.


Setelah sang ayah meninggal, dirinya bersama sang kakak, Michael Bambang Hartono meneruskan usaha sang ayah tersebut.

Di tangan dua bersaudara Hartono tersebut, Djarum bertumbuh menjadi perusahaan besar. Seiring dengan pertumbuhannya, perusahaan rokok ini menjelma sekaligus menjadi Group Bisnis yang berinvestasi di berbagai sektor antara lain perbankan, properti, agrobisnis, elektronik, dan multimedia.


Selain Djarum, Robert dan Michael adalah pemegang saham terbesar di Bank Central Asia (BCA). Mereka berdua melalui Farindo Investment Ltd. menguasai 51% saham BCA. Selain itu, mereka juga memiliki perkebunan kelapa sawit di Kalimantan Barat sejak tahun 2008 melalui PT Hartono Plantation Indonesia.

Budi kini telah resmi menjadi pemilik saham klub sepakbola di Italia, Como 1907. Melalui Sent Entertainment Ltd, ia membelinya bersama Robert Wijaya Suwanto.

Orang Terkaya RI yang Beli Klub Italia Tajir Melintir Berkat Rokok


Simak Video "Alasan Tahir Tukar Dolar ke Rupiah Senilai Rp 2 T"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com