googletag.defineSlot('/4905536/detik_desktop/finance/pop_ups', [785, 440], 'div-gpt-ad-1574092191519-0').addService(googletag.pubads());
ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 20 Okt 2019 21:30 WIB

Diajak Jokowi Bikin UU Lapangan Kerja, DPR: Kita Kaji Lebih Dalam

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: (Tsarina Maharani/detikcom). Foto: (Tsarina Maharani/detikcom).
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak DPR untuk menerbitkan Undang-undang (UU) Cipta Lapangan Kerja. Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka mengatakan bahwa DPR akan mendalami rencana tersebut.

Anggota DPR yang pernah duduk di Komisi IX yang membidangi tenaga kerja itu mengatakan bahwa rencana Jokowi memerlukan kerja keras untuk direalisasikan.

"Dan kalau tadi disampaikan ada undang-undang tentang penciptaan lapangan kerja, mudah-mudahan undang-undang itu kita kaji lebih dalam, dan itu cukup kerja keras juga," kata dia usai menghadiri pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Kompleks DPR/MPR, Jakarta, Minggu (20/10/2019).


Tapi intinya, lanjut dia bahwa isu lapangan kerja tidak mungkin dipisahkan dari isu industri dan peningkatan sumber daya manusia. Artinya pendidikan jadi isu penting dalam konteks tersebut.

"Kalau mau jadi negara industri harus jelas siapa mau jadi tenaga terampil dan tenaga ahli sehingga ini mengubah politik pendidikan Indonesia ke depan," lanjutnya.


Dia menyadari lima tahun ke depan tantangan Indonesia kurang lebih adalah bagaimana caranya Indonesia menjadi negara industri yang maju.

"Tetap saya tidak akan bosan mengajak kita semua agar Indonesia menjadi negara industri maju yang tetap pembangunan yang hasil risetnya berdasarkan ilmu pengetahuan dan teknologi," tambahnya.

Simak Video "Demi Lapangan Kerja, Jokowi Siapkan Ekosistem bagi Swasta"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com