Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 22 Okt 2019 09:33 WIB

Sri Mulyani Dipanggil Jokowi ke Istana, Jadi Menteri Apa?

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom) Foto: Sri Mulyani ke Istana (Andhika/detikcom)
Jakarta - Mantan Menteri Keuangan Kabinet Kerja Jilid I Sri Mulyani Indrawati tiba di Istana Presiden, Jakarta pagi ini. Dia datang untuk menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi), kelanjutan dari kegiatan kemarin di mana Jokowi memanggil sejumlah calon menteri.

Pantauan detikcom, Sri Mulyani tiba di Istana sekitar pukul 09.00 WIB. Dia mengenakan kemeja putih dan celana bahan hitam.

Saat ditanya awak media soal kedatangannya, Sri Mulyani hanya melempar senyum.



Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Mohammad Faisal mengatakan Sri Mulyani bisa saja mengisi posisi Menteri Keuangan kembali atau bahkan di Kementerian Koordinator Perekonomian. Dua posisi tersebut dirasa cocok untuknya berdasarkan prestasi yang sudah ditorehkan sebelumnya.

"Dari achievement nya kemarin kan fiskal terjaga keamanannya dan dari sisi dukungan dari bawah pegawai-pegawai Kemenkeu kan mendukung beliau tetap jadi menteri keuangan," ujar Faisal kepada detikcom.

Memang, dari sisi dampak terhadap ekonomi terobosan yang dilakukan Sri Mulyani agak kurang. Namun kemungkinan besar masuk kementerian keuangan juga masih terbuka.

"Yang jelas dia masuk antara dua itu (Menkeu atau Menko Perekonomian). Kalau dia mau jadi menteri koordinator saya pikir dengan powernya, ini kan menko harus mengkoordinasi menteri-menteri di bawah nya yang ekonomi. Saya pikir dia punya kemampuan," ujarnya.

Jokowi sendiri akan mengumumkan susunan kabinet untuk periode II pemerintahannya. Nama-namanya bakal diumumkan Rabu (22/10/2019).



Simak Video "Sri Mulyani Temukan 'Desa Hantu', Anggota Komisi XI: Jangan Terkejut"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com