Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 14:12 WIB

BKPM Pindah Koordinasi ke Kemenko Maritim dan Investasi

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan berpindah koordinasi ke Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Sebelumnya, BKPM merupakan lembaga pemerintah yang berada di bawah naungan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian.

Hal tersebut sejalan dengan ditambahnya tugas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu bidang investasi. Maka nomenklatur tersebut berubah menjadi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi yang kini resmi dijabat kembali oleh Luhut Binsar Pandjaitan.

"Iya (BKPM di sini)," tutur Luhut di kantornya, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Luhut mengatakan, dengan adanya tugas baru, ia akan menambah posisi deputi baru di kementeriannya. Lalu, kemungkinan ada beberapa kementerian lain yang akan berkoordinasi dengannya.

"Saya kira akan ada penambahan deputi, dan ada beberapa kementerian lagi yang masuk di kita. Kalau saya tidak keliru ada 6-7 kementerian di sini," jelas Luhut.

Meski begitu, ia masih belum mengetahui secara detail kementerian-kementerian apa yang akan berkoordinasi dengannya. "Ya tadi masih dilihat dulu ya," imbuh Luhut.

Untuk rapat koordinasi perdana, kata Luhut kemungkinan lusa. Ia mempersilakan menteri-menteri di bawah naungannya untuk serah terima jabatan (sertijab) terlebih dahulu.

"Ya nanti, besok atau mungkin lusa. Biar mereka serah terima dulu lah," ucapnya.



Simak Video "Soal Realisasi Investasi, Jokowi Serahkan ke Menteri Luhut"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com