Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 15:18 WIB

Tugas Berat Menanti Airlangga Jadi Menko Ekonomi

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Airlangga Hartarto (Antara Foto) Foto: Airlangga Hartarto (Antara Foto)
Jakarta - Airlangga Hartarto dipercaya Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengisi kursi Menteri Koordinator bidang Perekonomian. Itu artinya personel menteri ekonomi akan berada di bawah komandonya.

Airlangga mengatakan, secara umum arahan dari Jokowi adalah melanjutkan apa yang telah dicapai di bidang perekonomian.

"Pak Presiden menyampaikan karena ini kelanjutan dari pemerintah sebelumnya, maka programnya melanjutkan program. Jadi bukan program 100 hari," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (23/10/2019).
Meski begitu, Airlangga mengaku mendapatakn tugas prioritas untuk merealisasikan Omnibus Law, yang sering diartikan sebagai undang-undang (UU) yang bisa merevisi banyak UU. Salah satu bagian dari Omnibus Law adalah UU Cipta Kerja.

"UU Cipta Kerja yang merupakan Omnibus Law itu jadi prioritas. Kedua tentu melengkapi roadmap untuk mengurangi defisit neraca perdagangan," ujarnya.

Menekan defisit transaksi berjalan juga menjadi salah satu PR yang diberikan kepada Airlangga. Menurutnya untuk menyelesaikan PR itu dibutuhkan waktu.

"Neraca transaksi itu butuh waktu, karena yang namanya perdagangan itu ekspor itu butuh investasi. Jadi trade balance akan baik kalau capital account diperbaiki," terangnya.
Sementara yang menjadi biang kerok tekornya neraca perdagangan adalah di sektor migas. Untuk itu pihaknya akan fokus menyelesaikan permasalahan impor migas.

Airlangga juga dituntut untuk mengawal kebijakan-kebijakan pemerintah di bidang ekonomi. Sinergi dan koordinasi antara kementerian ekonomi akan dikawalnya untuk menjalankan program-program presiden.

Simak Video "Golkar di Pilkada 2020 Prioritas Usung Kader Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(das/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com