Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 17:38 WIB

Lepas Posisi Menko ke Airlangga, Darmin: Dulu Saya Ikut Bapaknya

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana Foto: Vadhia Lidyana
Jakarta - Pejabat lama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution resmi menyerahkan jabatannya kepada Airlangga Hartarto.

Setelah dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan pagi ini, dan melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) di kantor Kemenko Perekonomian sore ini, Airlangga resmi menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian periode 2019-2024.

Dalam Sertijab tersebut, Darmin bercerita bahwa dulunya ia terjun ke dalam pemerintahan diajak oleh bapak dari Airlangga, yakni Insinyur Hartarto atau Hartarto Sastrosoenarto. Hartarto pernah menjabat Menteri Perindustrian era Soeharto dan Menko Perekonomian era BJ Habibie.

"Ada satu yang menarik, saya dulu masuk ke pemerintahan itu dulu ikut bapaknya Airlangga. Namanya Insinyur Hartarto. Saya cukup lama itu ikut beliau barangkali ya 5 tahun lah. Sekarang saya menerima anaknya Pak Hartarto. Selamat datang di kantor Menko, selamat bekerja, selamat bertugas untuk negara," kata Darmin di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Rabu (23/10/2019).


Menanggapi cerita Darmin, Airlangga mengatakan, Darmin merupakan panutannya dalam pemerintahan. Bahkan, ia sempat bergurau jika tak hadir dalam undangan Darmin, ia bisa kualat.

"Pak Darmin tadi bercerita bahwa beliau dulu bekerja dengan ayah saya, maka saya dan istri ini mohon bimbingan Bapak Darmin dan ibu. Karena pada waktu pisah di acara ngopi kemarin, saya bilang kalau diundang Pak Darmin pasti saya hadir, kalau tidak saya kualat," ujar Airlangga disambut gelak tawa hadirin.

Kemudian, Darmin juga bercerita soal sejarah kantor Kemenko Perekonomian tersebut. Menurutnya, kantor yang lahir di zaman orde baru ini banyak menghasilkan kebijakan besar untuk Indonesia.

"Ya namanya kantor Menko jangan dibandingkan dengan kantor kementerian teknis. Ini adalah ruang yang paling bagus. Itu pun karena baru direnovasi setahun yang lalu, kalau tidak pasti lebih menyedihkan. Walaupun ini ceritanya sudah panjang sekali. Kantor Menko itu lahir pada puncak lahirnya orde baru. Kantor Menko itu lahir pada saat itu dan ruangan ini banyak sekali menelurkan langkah-langkah besar di republik ini," pungkas Darmin.


Lepas Posisi Menko ke Airlangga, Darmin: Dulu Saya Ikut Bapaknya


Simak Video "Pimpin Tim Ekonomi Jokowi, Ini 4 Prioritas Airlangga Hartarto"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com