Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 23 Okt 2019 18:05 WIB

Tak Lagi Jadi Menko Perekonomian, Darmin: Mau Jalan-jalan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Dok. Kemenko Perekonomian Foto: Dok. Kemenko Perekonomian
Jakarta - Darmin Nasution telah resmi pensiun dari jabatan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Jabatan tersebut kini diemban oleh Airlangga Hartarto untuk periode 2019-2024.

Dalam serah terima jabatan (Sertijab) sore ini, di kantor Kemenko Perekonomian, Darmin sempat ditanya mengenai rencananya setelah tak lagi menjadi Menko.

"Banyak, mau liburan, mau jalan-jalan," jawab Darmin dengan senyumannya, Jakarta, Rabu (23/10/2019).

Pelepasan Darmin dari jabatan Menko Perekonomian ini sempat diiringi isak tangis para pegawai. Sejumlah tamu undangan dan pegawai Kemenko Perekonomian bergantian berjabat tangan dengan Darmin seraya mendoakan ia selalu sehat.

Darmin juga menyampaikan beberapa wejangan untuk penggantinya di Kemenko Perekonomian, yakni Airlangga. Ia mengatakan, Airlangga akan menangani berbagai macam bidang mulai dari pertanian, perindustrian, kehutanan, dan sebagainya.


"Saya sangat yakin bahwa Pak Airlangga bisa sangat cepat menyesuaikan diri dari kementerian teknis, kementerian perindustrian yang bicaranya industri-industri melulu. Kalau di kantor Menko pasti bicaranya sangat luas mulai dari pertanian, kehutanan, perindustrian, dan seterusnya karena ada 10 kementerian," kata Darmin.

Selain itu, Darmin juga mengingatkan Airlangga agar tak lupa mengenai angka inflasi, terutama inflasi pangan yang seringkali mengalami perubahan.

"Sebenarnya di kantor Menko Perekonomian itu, Pak Airlangga sudah dengar sebetulnya waktu kita silaturahmi beberapa hari lalu beliau juga ada. Yang paling banyak dibicarakan itu adalah sesuatu yang paling sering berubah, yaitu pangan yang isinya inflasi lebih kurang. Sehingga jangan lupa mengikuti itu. Jangan sampai ditanya inflasi berapa, kemudian bingung, nanti repot itu. Sisanya sebenarnya tidak ada perubahan yang jangka pendek yang tiba-tiba," jelas mantan Gubernur Bank Indonesia tersebut.

Di akhir kata, Darmin mendoakan Airlangga bisa meneruskan jabatannya sebagai Menko Perekonomian dengan baik.

"Saya sangat yakin Pak Airlangga bisa mengikutinya dengan sangat baik. Selamat datang di kantor Menko, selamat bekerja, selamat bertugas untuk negara. Ya negara mungkin dinamikanya agak lebih tinggi pada tahun-tahun ke depan ini, dibandingkan tahun-tahun yang lalu," tutup Darmin.



Simak Video "Ridwan Hisjam Ngotot Jadi Caketum Golkar, Airlangga Santai"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com