Said Didu Ingatkan Erick Thohir soal Bongkar-Pasang Direksi BUMN

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 25 Okt 2019 09:45 WIB
Jakarta - Menteri BUMN Erick Thohir disarankan tidak hobi bongkar-pasang direksi maupun komisaris perusahaan negara. Menurut Mantan Sekretaris Menteri BUMN Said Didu itu bisa memberikan dampak negatif. Untuk itu Erick disarankan berhati-hati.

"Penggantian kapan saja akan melahirkan mafia pjbt dan Direksi penjilat," kata Said Didu dikutip detikcom dari akun Twitter-nya, Jumat (25/10/2019).

Penggantian direksi boleh saja dilakukan dengan alasan tertentu, bukan dengan seenaknya.

"Terkait pengangkatan Direksi dan Kom, mhn konsisten gunakan UU BUMN bhw masa jbtn mereke 5 thn. Tdk seenaknya diganti kapan saja, kecuali melanggar hukum atau kontrak kinerja tdk tercapai," jelasnya.


Secara sederhana, lanjut dia, tugas Menteri BUMN adalah memilih direksi dan komisaris yang kompeten dan berintegritas, memberikan target (Key Performance Indicator) KPI bagi mereka, dan melindungi mereka dari intervensi.

Said Didu juga menilai Erick Thohir berhak marah-marah sedikit jika direksi melenceng dari target dan membuat iklim persaingan tidak sehat.

"Kinerja BUMN akan bisa dipacu jika @KemenBUMN memposisikan diri sebagai pelindung masuknya intervensi ke BUMN setelah menempatkan orang2 baik sebagai Direksi dan Komisaris BUMN. Jadi itu yang utama. Hal ini bisa efektif jika MenBUMN adlh "orangnya" Presiden," tambahnya.

Simak Video "Erick Thohir Klaim Pendapatan Freeport Naik 100% dari Tahun Lalu"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/dna)