Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 25 Okt 2019 14:01 WIB

Jokowi Tugasi Surya Tjandra Bereskan Sengketa Tanah

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Surya Tjandra (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Surya Tjandra (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo memilih politisi PSI, Surya Tjandra menjadi Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN). Dia akan mendampingi Menteri ATR atau Kepala BPN Sofyan Djalil.

"Bapak Surya Tjandra, kita percaya jadi Wakil Menteri ATR dan Kepala BPN tugas besar sangat besar sekali," ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).


Sama seperti menterinya, Jokowi juga memberikan tugas khusus kepada Surya. Dia ditugasi untuk menyelesaikan permasalahan sengketa tanah.

"Terutama bantu Pak Menteri dalam penyelesaian konflik agraria, sengketa tanah. KPI, kita jelas kongkrit dan semuanya didasarkan pada kalkulasi-kalkulasi yang jelas," tambahnya.

Saat ditemui dilokasi yang sama, Surya juga mengaku mendapatkan perintah khusus dari Jokowi. Dia diminta untuk membereskan konflik-konflik agraria.

"Kalau pesan Pak Jokowi kan saya diminta untuk membantu menyiapkan ya tahap-tahap proses untuk cari solusi konflik-konflik agraria yang masih kita alami dan kemudian mungkin mulai dengan pemetaan-pemetaan dulu," jelasnya jelang pelantikan.


Dirinya akan mulai memetakan masalah di sektor agraris. Menurutnya itu perlu dilakukan secara lebih baik, lebih tepat, serta dengan pendekatan yang lebih baik.

Dia juga bakal mempelajari regulasi di sektor tersebut yang diperkirakan menghambat investasi. Namun sejauh ini dia belum begitu memahami permasalahan itu.

"Belum tahu tuh, tapi itu salah satu juga yang jadi perhatian, seperti itu," tambahnya.

Simak Video "Jadi Menteri ATR Dua Periode, Sofyan: 2025 Semua Tanah Terdaftar "
[Gambas:Video 20detik]
(das/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com