Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 26 Okt 2019 22:20 WIB

Jadi Wamendag, Jerry Sambuaga Dapat Tugas Ini dari Jokowi

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Wamendag Jerry Sambuaga (Andhika Prasetia/detikcom) Foto: Wamendag Jerry Sambuaga (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Jerry Sambuaga telah resmi menjadi Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag). Dirinya dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membantu Menteri Perdagangan Agus Suparmanto.

Ada sejumlah tugas yang diberikan Jokowi kepada Jerry Sambuaga. Pertama, Jerry harus menyelesaikan urusan perjanjian dagang Internasional. Jejaringnya yang luas di dunia Internasional, Jokowi berharap Jerry bisa menyelesaikannya. Meskipun membutuhkan waktu yang tidak sebentar, ia yakin bisa menyelesaikannya.

"Dengan networking selama pengalaman saya sebelumnya, kita akan buktikan bahwa kami yakin. Pak Menteri, dan juga seluruh Kementerian Perdagangan," tutur Jerry di Gedung Transmedia, Jakarta Selatan, Sabtu (26/10/2019).


Kedua, dirinya juga ditugaskan untuk melakukan ekspansi atau melibatkan pengusaha-pengusaha nasional untuk bisa memperluas produk Indonesia di luar negeri.

"Pada ujung-ujungnya juga kan memberikan kontribusi yang sangat positif untuk kita. Apa yang kita bisa tampilkan di luar kenapa tidak? Itu yang akan kita genjot," imbuhnya.

Ketiga, Jerry bersama Kementerian Perdagangan menjalin kerja sama dengan para mitra strategis untuk jangka waktu ke depan.

"Seperti India, Tiongkok, atau apa, ini yang mau kita coba breakdown," ungkap Jerry.


Di antara semua itu, kata Jerry, yang terpenting semuanya adalah harus dikerjakan hingga selesai. Menurutnya, kunci dari semua itu dibutuhkan koordinasi antara Kementerian Perdagangan dengan Kementerian Luar Negeri.

"Kementerian Luar Negeri itu ujung tombak dalam membina hubungan dengan luar negeri," katanya.

Dari ketiga cara itu, diharapkan RI bisa menjalin kerja sama dagang dengan negara-negara baru untuk mendongkrak kinerja ekspor di masa depan.

Simak Video "Politisi Golkar Jerry Sambuaga Ditunjuk Jadi Wamendag"
[Gambas:Video 20detik]
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com