Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 13:19 WIB

The Next Dirjen Pajak, Haruskah dari Orang Dalam?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati hingga saat ini belum mengumumkan siapa yang akan menjadi pengganti Robert Pakpahan di Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan. Robert Pakpahan akan pensiun pada akhir Oktober tahun 2019.

Managing Partner DDTC, Darussalam menyebut, sosok yang cocok meneruskan kepemimpinan Robert Pakpahan di DJP Kemenkeu adalah orang internal pajak itu sendiri.

"Menurut saya kandidat seyogyanya harus berasal dari internal Ditjen Pajak," kata Darussalam saat dihubungi detikcom, Jakarta, Senin (28/10/2019).


Meski menilai calon Dirjen Pajak berasal dari internal, Darussalam menyebut sosok tersebut harus memiliki pemahaman teknis pajak yang mumpuni, berintegritas tinggi, dan sangat profesional.

"Kandidat harus paham teknis perpajakan mengingat sifat pajak yang sangat dinamis baik dalam konteks domestik dan internasional," jelas dia.


Lebih lanjut Darussalam mengungkapkan bahwa calo Dirjen Pajak yang baru juga harus bisa mengamankan penerimaan sesuai dengan visi dan misi Presiden Jokowi dan Wapres Ma'ruf Amin.

"Tantangan yang paling utama adalah bagaimana bisa menerjemahkan agenda visi presiden Jokowi dalam periode kedua pemerintahan beliau," kata dia.

Simak Video "Pamer Saldo ATM, Billy Syahputra Nggak Takut Diperiksa Ditjen Pajak"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/das)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com