Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 28 Okt 2019 21:30 WIB

Nelayan Curhat ke Edhy Prabowo, Kapalnya Nyangkut di Pulau Reklamasi

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Para nelayan di Muara Angke, Jakarta Utara mengeluhkan keberadaan Pulau G yang kerap mengganggu aktivitas melaut mereka.

Salah satu perwakilan nelayan, Waryono, mengatakan keberadaan Pulau G sering membuat kapal-kapal nelayan terdampar.

"Di depan pulau G banyak kapal terdampar. Bahkan kapal bangkit jaya 48 hancur karena pasir melebar kemana-mana banyak batu cakar ayam. Mohon solusi, karena nelayan setiap masuk kecelakaan dan tersangkut di situ," ujar Waryono kepada Menteri Kelautan dan Perikanan di Muara Angke, Senin (28/10/2019).


Menurut Waryono, batu pondasi cakar ayam yang berfungsi untuk menahan pasir reklamasi terbawa arus sehingga sering membuat kapal nelayan tersangkut di Pulau Reklamasi itu.

Jika tidak ingin tersangkut, nelayan harus menghindari kawasan Pulau G tersebut. Namun, mereka harus membuang waktu kurang lebih 30 menit untuk menghindari pondasi cakar ayam agar tidak merusak kapal mereka.


Mendengar keluhan nelayan, Edhy pun menjelaskan bahwa dirinya akan memanggil seseorang yang memiliki pulau tersebut. Menurutnya, ada satu pulau yang harus dibelah karena mengganggu tempat lalu-lalang nelayan.

"Masalah pulau G kita akan panggil yang miliki pulaunya. Kita akan ajak bicara ini. Ada satu pulau yang memang harus di belah, karena menghalangi alur tempat lalu-lalang nelayan," tutur Edhy.

Adapun Pulau G merupakan salah satu pulau reklamasi yang tidak dicabut izinnya oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Izin pulau itu tidak dicabut karena pembangunannya sudah dilaksanakan.

Namun, PT Agung Podomoro Land sebagai pengembang mengatakan, pembangunan Pulau G sampai saat ini masih terhenti. Pihaknya pun menunggu arahan lebih lanjut dari pemerintah.

Simak Video "Menteri KKP Blusukan Perdana ke Muara Angke"
[Gambas:Video 20detik]
(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com