Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 29 Okt 2019 13:33 WIB

Laporan dari Bangkok

Wow, Jumlah Penumpang Kereta di RI Terbanyak se-ASEAN

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly F Rachman/detikcom Foto: Fadhly F Rachman/detikcom
Bangkok - Transportasi kereta menjadi salah satu pilihan favorit masyarakat Indonesia. Hal ini membuat Indonesia memiliki jumlah penumpang kereta terbanyak se-ASEAN.

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, selama tahun 2018 lalu pihaknya mencatat jumlah penumpang kereta api di Indonesia mencapai 425 juta penumpang. Angka ini lebih tinggi dibanding negara ASEAN lainnya.

"Indonesia di tahun 2018 sudah mencapai 425 juta penumpang," kata Edi dalam kegiatan ARCEO ke-41 di Centara Grand Central Plaza Ladprao, Bangkok, Thailand, Selasa (29/10/2019).


Edi mencontohkan, untuk masyarakat Malaysia saja yang juga menggunakan kereta untuk aktivitas sehari-hari masih jauh di bawah Indonesia dari sisi jumlah penumpang.

"Tahun lalu saya dilaporkan waktu (ARCEO ke-40) di Myanmar, itu Malaysia ngangkut yang paling tinggi kedua dari kita, itu 80 juta. Jadi sebenarnya kita ini acuan dari mereka-mereka," jelasnya.


Hal ini, kata Edi, menjadi salah satu hal yang akan dibagikan KAI dalam pertemuan ARCEO ke-41 di Bangkok dengan 7 operator kereta api lainnya.

"Sehingga kita bisa share di komunitas ASEAN itu apa pengalaman yang dialami masing-masing. Ini sekarang sudah masuk lagi kereta api di Filipina, yang tadinya tidak. Jadi udah tambah, sekarang membernya jadi 8 ASEAN ini," jelasnya.

"Kita menggalang ini supaya kita bisa share pengalaman masing-masing dari ke-8 institusi yang ikut CEO meeting ini, itu yang paling banyak angkut penumpang itu Indonesia," tuturnya.

Wow, Jumlah Penumpang Kereta di RI Terbanyak se-ASEANFoto: Lamhot Aritonang


Simak Video "Dramatis! Penyelamatan Pria Hampir Ditabrak Kereta"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com