Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 30 Okt 2019 12:02 WIB

Laporan dari Bangkok

KAI Pamer Reaktivasi Jalur hingga Pabrik INKA di Forum ASEAN

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance Foto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance
Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI memamerkan sejumlah perkembangan dalam sektor perkeretaapian di Indonesia ke operator kereta api se-ASEAN. Hal itu dipamerkan KAI dalam ajang ASEAN Railways CEOs' Conference (ARCEO) ke-41 di Bangkok, Thailand.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengungkapkan, hal pertama yang disampaikan dirinya dalam pertemuan tersebut ialah menjaring potensi penumpang dari kalangan milenial.

"Karena ternyata jumlah milenial itu cukup signifikan. Yang kedua milenial hobinya traveling, senang selfie, kemudian senang juga enjoy food. Oleh sebab itu milenial itu pada kesempatan ini kita tunjukkan ke mereka bahwa ini adalah salah satu segmen yang barangkali kita ASEAN juga merasakan," jelasnya di lokasi, Rabu (30/10/2019).

Edi mengatakan dirinya juga memamerkan jumlah penumpang kereta di Indonesia yang mencapai 423-425 juta per tahun. Angka itu dinilai menjadi bukti bahwa kereta merupakan transportasi masa depan.

Selain itu, kata Edi, KAI juga ikut memamerkan pabrik kereta yang dimiliki PT INKA (Persero) hingga sistem persinyalan dari PT Len Industri yang telah banyak digunakan sektor kereta api di banyak negara.

"Kita memberikan informasi bahwa kereta api di Indonesia, pabrik kereta api juga sudah kita pakai, itu kita ekspose produksi INKA. Bukan cuma luarnya saja, tapi interiornya juga kita perlihatkan," jelasnya.


"Lalu yang kedua saya juga promote LEN. LEN ini soal signaling yang sekarang sudah digunakan baik di Bandara Soekarno-Hatta, bahkan Singapura juga sudah gunakan fasilitas LEN," sambungnya.

Terakhir, Edi menambahkan, dirinya juga memamerkan langkah perseroan dalam menghidupkan kembali atau mereaktivasi jalur-jalur kereta yang sudah mati.

"Itu salah satu filmnya, progres reaktivasi yang kita lakukan sudah hampir selesai, khususnya Cibatu-Garut," tuturnya.

KAI Pamer Reaktivasi Jalur hingga Pabrik INKA di Forum ASEANFoto: Fadhly Fauzi Rachman/detikFinance


Simak Video "Kompor Meledak di Kereta, 74 Penumpang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com