Ekonomi Global Seret, Bagaimana Investasi RI Sampai Akhir Tahun?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 31 Okt 2019 12:45 WIB
Foto: Denny Putra/Infografis
Jakarta -
Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menetapkan target investasi langsung sebesar Rp 792 triliun sepanjang 2019. Dari Januari hingga September, realisasinya baru sebesar 601,3 atau 75% dari target. Sedangkan realisasi khusus di Triwulan III-2019 adalah Rp 205,7 triliun.

"Realisasi investasi Triwulan III-2019 ini masih dalam koridor sesuai dengan rencana kita," kata Kepala BKPM Bahlil Lahadalia dalam jumpa pers di kantornya, Jakarta, Kamis (31/10/2019).

Lantas di tengah kondisi perekonomian dunia yang sedang dihadapi ketidakpastian, apakah di sisa tiga bulan ini Indonesia mampu memenuhi target tersebut?



Bahlil sendiri masih optimistis hingga akhir tahun Indonesia mampu memenuhi target realisasi investasi yang sudah ditetapkan sebelumnya.

"Kurun waktu masih tiga bulan insyaallah kami masih punya keyakinan realisasi investasi di tahun ini bisa tercapai sekalipun memang pertumbuhan ekonomi global belum terlalu menggembirakan," jelasnya.

Sejauh ini penanaman modal asing (PMA) masih mendominasi capaian tersebut, jumlahnya Rp 105 triliun. Sementara sisanya penanaman modal dalam negeri (PMDN) sebesar Rp 100,7 triliun.



Simak Video "Investasi Terhambat, Kepala BKPM: Ada 'Hantunya'"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)