Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 05 Nov 2019 16:23 WIB

KM Summit 2019: Revolusi 4.0 Jadi Peluang atau Tantangan?

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom Foto: Mukhlis Dinillah/detikcom
Bandung - Revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0 yang terjadi saat ini tentunya berdampak terhadap implementasi manajemen pengetahuan dalam sebuah organisasi. Pemanfaatan media game dan digitalisasi menjadi komponen penting saat ini.

Hal itu dikatakan President of Knowledge Management Society Indonesia Jann Hidajat Tjakraatmadja di Knowledge Management Summit ke-3 di Hotel Hilton, Kota Bandung, Selasa (5/11/2019). Tema besar yang diangkat yaitu Innovative Learning To re Use Knowledge Asset In Corporation and Public Services at Society 5.0.

Menurutnya revolusi industri 4.0 tidak bisa dipungkiri memberikan dampak positif berupa kemudahan masyarakat mengakses informasi dan pemanfaatan teknologi secara luas. Termasuk dalam implementasi manajemen pengetahuan dalam sebuah organisasi.

"Isu ini menjadi penting karena telah terjadinya suatu evolusi dan revolusi manajemen pengetahuan dan proses pembelajaran melalui penggunaan media game dan digitalisasi," kata Jann dalam sambutannya.


Menurutnya implementasi manajemen pengetahuan di sebuah organisasi akan membawa banyak manfaat khususnya dalam meningkatkan performansi dan daya saing. Teknologi yang ada saat ini akan berkontribusi secara signifikan bagi setiap SDM dalam organisasi tersebut.

"Namun jika perkembangan teknologi digital yang begitu cepat tidak direspon secara arif dan bijaksana oleh suatu organisasi maka akan berbalik menjadi suatu ancaman serius," tutur dia.

Ia menuturkan melalui KM-Summit 2019, diharapkan menjadi forum bersama berbagi pengetahuan, pengalaman untuk terciptanya strategi serta inovasi yang efektif dan efisien. Terutama pemanfaatan teknologi untuk mengakselerasi sebuah organisasi atau perusahaan.

Dalam kegiatan ini hadir para praktisi dan akademisi di bidang KM dan Innovative Learning untuk bersama-sama mempersiapkan Modal SDM Indonesia menghadapi Era Industri 4.0 dan Era Society 5.0.

"KM Summit 2019 ini untuk menawarkan solusi melalui serangkaian sesi seminar bersama dengan sejumlah pakar dan workshop," kata Jann.



Simak Video "Bahas Industri 4.0, Jokowi Targetkan 10 Juta Lapangan Kerja Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(mud/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com