ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 06 Nov 2019 15:18 WIB

Airlangga Gelar Rapat Bareng Mendag AS, Bahas Apa?

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross (Eduardo Simorangkir/detikFinance) Foto: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross (Eduardo Simorangkir/detikFinance)
Jakarta - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto siang ini mengadakan pertemuan dengan Menteri Perdagangan Amerika Serikat (AS) Wilbur Ross di kantornya, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Pertemuan itu diadakan sehubungan dengan kunjungan pembantu Presiden Donald Trump tersebut beserta delegasinya ke tanah air.

Wilbur Ross tiba di Kemenko Perekonomian sekitar pukul 14.50 WIB. Sebelumnya para menteri dan wakil menteri kabinet Indonesia Maju hadir lebih dulu di lokasi, di antaranya Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin, dan Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara.

Belum diketahui agenda apa yang akan dibahas pada pertemuan tersebut. Namun sebelumnya Ross sempat membeberkan di acara Indo-Pacific Business Forum, Bangkok pekan lalu, maksud kedatangannya ke Indonesia merupakan bagian dari misi dagang AS ke sejumlah negara Indo-Pasifik.


Sebelumnya, Presiden Jokowi diketahui memberikan tugas ke jajaran menteri terkait untuk menyelesaikan urusan Generalized System of Preferences (GSP) dengan Amerika Serikat (AS) dalam waktu satu bulan pasca dilantik.

GSP adalah sebuah sistem tarif preferensial yang membolehkan satu negara secara resmi memberikan pengecualian terhadap aturan umum Organisasi Perdagangan Dunia (WTO).


Pihak Indonesia dan AS sendiri sejauh ini masih mendiskusikan dan mengevaluasi untuk mendapatkan kesepakatan yang saling menguntungkan.

Simak Video "Golkar di Pilkada 2020 Prioritas Usung Kader Sendiri"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com