ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Nov 2019 12:30 WIB

Heboh 'Desa Hantu', Berapa Dana Desa yang Sudah Disalurkan?

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Denny Putra/Infografis Foto: Denny Putra/Infografis
FOKUS BERITA Fenomena Desa Hantu
Jakarta - Pemerintah sejak di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk mengalokasikan anggaran program dana desa. Tujuannya agar desa di Indonesia mendapatkan sentuhan pembangunan infrastruktur yang sama dengan di kota.

Berdasarkan rangkuman detikcom, Sabtu (9/11/2019), program dana desa dimulai tahun 2015. Pada saat itu, Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 20,7 triliun. Melihat banyak perubahan pembangunan infrastruktur di desa, pada tahun selanjutnya alokasi anggaran dana desa naik drastik menjadi Rp 46,98 triliun di tahun 2016.

Anggaran tersebut kembali ditingkatkan oleh Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla (JK) pada saat itu. Di mana, tahun 2017 ditetapkan anggaran dana desa sebesar Rp 60 triliun. Sedangkan tahun 2018, naik menjadi Rp 70 triliun.


Pada tahun 2019, Pemerintah memutuskan untuk tetap mengalokasikan anggaran dana desa sebesar RP 70 triliun. Anggaran tersebut disalurkan untuk 74.597 desa. Dengan begitu Pemerintah sudah mengeluarkan anggaran untuk program dana desa sebesar Rp 267,62 triliun.

Belakangan ini heboh mengenai fenomena desa tak berpenduduk alias desa 'hantu' seiring dengan adanya program dana desa. Kementerian Dalam Negeri menyebut bahwa ada empat desa di salah satu kabupaten Provinsi Sulawesi Tenggara.


Kementerian Dalam Negeri juga sudah menurunkan tim untuk mengecek langsung empat desa yang dilaporkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Simak Video "Sri Mulyani Temukan 'Desa Hantu', Anggota Komisi XI: Jangan Terkejut"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
FOKUS BERITA Fenomena Desa Hantu
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com