ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 09 Nov 2019 17:15 WIB

Teman Pinjam Uang, Siap-siap Cuma Kembali 25%

Anisa Indraini - detikFinance
Foto: iStock Foto: iStock
FOKUS BERITA Tips Tolak Kasih Utang
Jakarta - Sudah bukan rahasia bahwa pinjam-meminjam uang bisa merusak hubungan pertemanan. Saat ingin memintanya kembali, terkadang muncul perasaan tidak enak untuk menagihnya.

Perencana Keuangan Aidil Akbar mengatakan, meminjamkan uang ke teman kemungkinan kembalinya uang sangat kecil. Berdasarkan pengalamannya, kemungkinan uang kembali di bawah 25%.

"Kemungkinan kembalinya pasti kecil. Kalo berdasarkan pengalaman si di bawah 25%," tutur Aidil saat dihubungi detikcom, Sabtu (9/11/2019).

Menurut Aidil, sebagian orang memiliki kecenderungan malas membayar utang. Jadi, jika uang ingin betul-betul kembali perlu usaha yang besar untuk menagihnya.


"Kecenderungan untuk bayar utang itu orang males. Jadi 25% itu pake effort, yang repot itu kan nagihnya kita mesti nagih," katanya.

Aidil melanjutkan, manusia suka lupa ketika sudah punya uang. Jika digambarkan, Aidil bilang, hanya 1 dari 10 orang yang benar-benar merasa tidak enak jika berutang.

"Kalo saya perhatikan orang yang benar-benar punya rasa takut untuk membayar utang sekitar 10% kok. Jadi dari 10 orang paling cuma 1 yang benar-benar ngerasa bahwa gaenak ya punya utang mesti saya balikin nih," jelasnya.



Simak Video "China Jadi Negara Pertama yang Akan Digitalisasi Mata Uang"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
FOKUS BERITA Tips Tolak Kasih Utang
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com