Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 16:09 WIB

Singgung Lagi Pameran Dekat Toilet, Jokowi: Lebih Baik Nggak Usah

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mengingatkan para menterinya agar tidak memilih lokasi pameran luar negeri di dekat toilet. Hal itu dia sampaikan saat membuka rapat terbatas (ratas) penguatan neraca perdagangan di Kantor Presiden, Jakarta.

"Sekali lagi kalau mau pameran yang gede sekalian. Saya ingatkan yang dulu-dulu pameran hanya menghabiskan anggaran. Pameran di sebuah expo besar tetapi stand kita ada di dekat toilet. Jangan diulangi lagi, sudah itu stop, lebih baik nggak usah pameran kalau yang ada seperti itu," kata Jokowi, Senin (11/11/2019).


Hal itu dia sampaikan berkaitan dengan pembenahan promosi dalam rangka mendorong ekspor.

"Bolak-balik saya sampaikan, baik promosi produk-produk ekspor maupun promosi pariwisata dan investasi agar betul-betul kuat membangun brand image yang baik dan terintegrasi, sehingga betul-betul pameran yang kita lakukan bisa mendatangkan manfaat," tegasnya.

"Kalau mau pameran yang gede sekalian, disiapkan setahun sebelumnya secara baik, sehingga saat pameran betul-betul menguatkan brand image Indonesia baik pembeli maupun wisatawan yang ingin datang ke negara kita," lanjut Jokowi.


Dirinya juga mengingatkan para menterinya untuk melakukan penguatan pada sumber daya manusia (SDM).

"Yang terakhir saya minta juga penguatan SDM secara besar-besaran dalam memperkuat ekspansi dan ekspor di sektor jasa. Jangan lupa kita punya unicorn, decacorn yang juga merambah ke luar negeri," tambahnya.

Simak Video "Senyum Presiden Jokowi di Pameran Foto "Membangun Indonesia""
[Gambas:Video 20detik]
(toy/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com