Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 12:20 WIB

Basuki Bakal Pangkas Jabatan Eselon IV Bulan Depan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Menteri PUPR Basuki Hadimuljono. (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan bahwa Kementerian PUPR telah berkoordinasi dengan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPan-RB) Tjahjo Kumolo untuk memangkas eselon IV.

Basuki menuturkan, pemangkasan tersebut ditargetkan selesai pada bulan Desember 2019.

"Untuk penyederhanaan birokrasi ini kami paling duluan berkoordinasi dengan MenPan-RB, target kami Desember sudah selesai," tutur Basuki dalam rapat kerja (raker) dengan Komisi V DPR RI, di Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Sedangkan, untuk eselon III, pihaknya masih menyusun kebutuhan di dalam Kementeriannya. Dalam waktu dekat ini pihaknya memang baru akan memangkas eselon IV, sejalan dengan perintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam rapat kabinet kemarin.



Namun, ia juga menargetkan kebutuhan eselon III di Kementeriannya akan diselesaikan bulan Desember ini. Sehingga, ke depannya pihaknya tau eselon III bagian apa yang perlu dipangkas atau tidak.

"Presiden kemarin menyampaikan dalam rapat kabinet, eselon IV harus lebih dulu. Eselon III kita masih berargumentasi mana yang perlu dan tidak. Itu semua harus selesai di Desember ini, karena kalau tidak kita menghambat pelaksanaan di lapangan," jelas Basuki.

Sebagai informasi, dalam rapat terbatas Kabinet Indonesia maju kemarin, Jokowi berkeinginan rencana pangkas pejabat eselon di setiap kementerian/lembaga harus segera terlaksana. Hal itu diungkapkannya saat membuka rapat terbatas (ratas) mengenai program cipta lapangan kerja di kantor Presiden, Jakarta Pusat.

Jokowi meminta kepada Menteri PAN-RB Tjahjo Kumolo untuk melaksanakan pemangkasan jabatan eselon IV terlebih dahulu. Saat ini terdapat eselon I, eselon II, eselon III, dan eselon IV.

"Saya kira di Kementerian PAN-RB sudah menyiapkan yang nanti akan memangkas pertama mungkin eselon IV terlebih dahulu di tiap kementerian meskipun ini juga harus dilihat secara cermat kajiannya," kata Jokowi di kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11/2019).



Simak Video "Jokowi Akan Ganti Eselon III dan IV dengan Robot"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com