Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 14:54 WIB

Trik Jitu Nego Gaji Saat Wawancara Kerja

Desi Yolanda Tarigan - detikFinance
Ilustrasi. Foto: Thinkstock Ilustrasi. Foto: Thinkstock
Jakarta - Negosiasi gaji bisa jadi hal yang sulit bagi calon pekerja, apalagi untuk lulusan baru yang masih awam di dunia kerja. Untuk itu, ada sejumlah tips dan trik jitu bagi calon pekerja untuk bisa menegosiasikan gajinya dengan baik.

Mengutip CNBC, Selasa (12/11/2019), dalam negosiasi gaji, calon pekerja tak boleh terlalu kaku kepada perusahaan. Pada saat itu, gaya berbicara atau cara berargumen dalam meminta gaji justru hal yang paling diperhatikan.

Berikut ini, tips saat menjalani negosiasi gaji saat melakukan wawancara:


1. Jangan asal setuju
Maksudnya adalah, saat kalian melakukan wawancara, perusahaan akan lebih suka jika kalian aktif dalam berbicara. Karena memiliki nilai lebih daripada hanya mengandalkan senyum kalian yang dianggap terlalu lugu. Dengan sikap aktif, maka membuat perusahaan tidak ragu memilih kalian untuk dapat bergabung di perusahaan tersebut.

2. Bersikap Profesional
Saat negosiasi gaji, maka yang perlu kalian lakukan adalah bersikap dengan profesional. Karena dengan bersikap profesional, maka kalian akan mencapai kesepakatan dalam bekerja sama di perusahaan tersebut, dan mendapatkan gaji yang kalian inginkan.

3. Ubah Pola Pikir
Pada saat wawancara, cobalah ubah pola pikir kalian dengan visi yang dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Jika kalian melakukan hal tersebut, maka kalian memiliki keterampilan dan mendapatkan nilai lebih dibandingkan kandidat lainnya. Sehingga perusahaan akan memberikan pekerjaan tersebut kepada kalian.


4. Lakukan riset awal
Saat melamar pekerjaan, ada baiknya kalian lakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui kisaran gaji dan posisi yang kalian dilamar. Hal ini penting agar gaji yang diminta tak jauh berbeda dari standar yang seharusnya.

5. Berpikir seperti bos
Hal ini sebagai motivasi kalian saja, untuk menjadi gambaran dalam meningkatkan sebuah hasil haruslah ada nilai yang diberikan dan kontribusi yang dapat dicapai di perusahaan tersebut.

Simak Video "Polisi Dilarang Pamer Kemewahan di Medsos, Intip Yuk Gajinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com