Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 12 Nov 2019 19:19 WIB

Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Online dan Badan yang Mudah

Puti Yasmin - detikFinance
Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Online dan Badan yang Mudah/Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari Cara Mendapatkan EFIN Pribadi Online dan Badan yang Mudah/Foto: Tim Infografis: Nadia Permatasari
Jakarta - Setiap wajib pajak yang akan melapor SPT melalui e-Filing harus memiliki EFIN (Electronic Filing Identification Number) atau nomor identitas yang diterbitkan Ditjen Pajak. Nah, bagaimana cara mendapatkan EFIN?

Adapun, wajib pajak yang memiliki EFIN harus segera mengaktifkan atau mendaftarkan pada aplikasi pajak yang digunakan. BIla wajib pajak lupa dan melebih waktu 30 hari, maka wajib pajak harus mengajukan permintaan EFIN kembali.



Berikut cara mendapatkan EFIN pajak yang dirangkum detikcom:

1. EFIN Orang Pribadi

Cara membuat EFIN pribadi online dengan mendownload formulir EFIN terlebih dahulu secara online. Kemudian, lengkapi data pada formulir EFIN dan datangi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) terdekat untuk melakukan permohonan.

Selanjutnya, bawa KTP asli serta fotokopinya untuk ditunjukan. Bagi, warga negara asing bisa membawa paspor dan Kartu Izin Tinggal Terbatas atau Kartu Izin Tinggal Tetap.

Lalu, cara mendapatkan EFIN selanjutnya dengan menunjukkan NPWP dan Surat Keterangan Terdaftar (SKT) asli serta menyerahkan fotokopi. Jangan lupa juga untuk menyertakan alamat email yang aktif ya.

Tahap terakhir dari daftar EFIN pribadi online, wajib pajak akan langsung mendapatkan nomor EFIN dan mengaktifkannya.

2. EFIN Badan

Cara mendapatkan EFIN untuk badan atau perusahaan dilakukan dengan pengurus datang ke KPP terdaftar. Ingat, Cara mendapatkan EFIN badan tidak bisa di kantor pajak mana saja.



Kemudian, pengurus bisa menunjukan asli dan salinan fotokopi surat penunjukan pengurus yang bersangkutan untuk mewakili badan. Tunjukkan juga KTP, NPWP, dan SKT milik pengurus yang asli serta fotokopinya.

Selain itu, tunjukkan juga kartu NPWP atau SKT atas nama wajib pajak badan serta alamat email yang aktif atas nama badan tersebut. Setelahnya, pengurus akan segera mendapatkan EFIN badan.

Tahapan terakhir cara mendapatkan EFIN, yakni aktivasi serta menjaga nomor kerahasiaan. Maka, wajib pajak pribadi dan badan bisa langsung melaporkan pajaknya.

Nah, selamat mencoba cara mendapatkan EFIN ya!

Simak Video "Banyak Karangan Bunga Sindir Ari Askhara, IKAGI: Ekspresi Kekesalan"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/lus)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com