Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 10:50 WIB

Mendagri Tito Minta Pemda Bantu Agenda Besar Jokowi

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Hendra Kusuma Foto: Hendra Kusuma
Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian meminta seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) baik gubernur, wali kota, bupati, serta aparat penegak hukum mengakomodir agenda besar Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Ma'ruf Amin selama lima tahun ke depan.

Hal itu diungkapkannya pada saat acara Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda di Sentul, Jawa Barat.

Tito menceritakan, pada saat pelantikan menteri pada 20 Oktober 2019 Presiden Jokowi telah menyampaikan visi dan misi yang terus disampaikan berulang pada sebuah acara. Visi dan misi presiden antara lain seperti pembangunan kapasitas SDM, mempermudah regulasi, pembukaan lapangan kerja, transformasi ekonomi.

"Satu pihak memiliki peran penting dan berpengaruh terhadap visi misi kepala negara yaitu Pemerintah Daerah, hampir semua persoalan menyangkut daerah," kata Tito, Rabu (13/11/2019).


Tito menyampaikan, acara Rakornas ini dihadiri oleh 2693 kepala negara, pihak kepolisian, TNI, kejaksaan. Seluruh kepala negara ini bisa mengakomodir agenda besar Pemerintah salah satunya dalam meningkatkan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja seluas-luasnya.

"Diharapkan visi dan misi presiden dapat disampaikan kepada Pemerintah Daerah," jelas dia.

Adapun, Tito juga meminta Presiden Jokowi untuk memberikan arahan kepada seluruh kepala daerah yang hadir dalam Rakornas Indonesia Maju Pemerintah Pusat dan Forkopimda mengenai agenda besar Pemerintah selama lima tahun ke depan.

"Kami siap mendengarkan langsung arahan bapak, selama 5 tahun ke depan," ungkap dia.



Mendagri Tito Minta Pemda Bantu Agenda Besar Jokowi


Simak Video "Mendagri Tito Mau Evaluasi Pilkada, DPR Beri Opsi Pemilu Asimetris"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com