Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Nov 2019 21:39 WIB

Bahlil Minta Bantuan Daerah Realisasikan Investasi Rp 805 T

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom). Foto: Bahlil Lahadalia (Andhika Prasetia/detikcom).
Jakarta - Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia meminta bantuan kepada seluruh pejabat daerah dalam merealisasikan target investasi di tahun 2020.

Bahlil menyebut, target investasi yang masuk ke Indonesia tahun depan mencapai Rp 805 triliun.

"Target kami 2020 eksisting Rp 805 triliun harus terealisasi," kata Bahlil di Sentul Internasional Convention Center, Jawa Barat, Rabu (13/11/2019).

Bahlil menuturkan, ada dua cara untuk merealisasikan target investasi ratusan triliun pada tahun 2020. Pertama sinergi Pemerintah Pusat dan Daerah khususnya dalam menyederhanakan aturan.


Dia mencontohkan, masalah perizinan terkait Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) dan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) yang baru ada di 50 kabupaten/kota. Sehingga ke depan harus ada penyediaan hal tersebut di wilayah yang belum memiliki.

Cara yang kedua, kata Bahlil, adalah mendorong investor bersinergi dengan pengusaha lokal. Hal ini sebagaimana permintaan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar para investor tak hanya bekerja sama dengan pengusaha di Jakarta saja atau pengusaha besar saja.

Dapat diketahui, BKPM mencatat secara kumulatif realisasi investasi Januari hingga September 2019 mencapai Rp 601,3 triliun. Angka tersebut meningkat 12,3 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 535,4 triliun.



Simak Video "Trauma Dirampok, Farah Quinn Ogah Simpan Berlian di Rumah"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com